PERBEDAAN BAHAN IRIGASI SINGLE SOLUTION, MIX 2 SOLUTION DAN MIX 3 SOLUTION TERHADAP KEBERSIHAN DINDING SALURAN AKAR

AMANDA BRIGITTA LAKSONO, 021411133002 (2018) PERBEDAAN BAHAN IRIGASI SINGLE SOLUTION, MIX 2 SOLUTION DAN MIX 3 SOLUTION TERHADAP KEBERSIHAN DINDING SALURAN AKAR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 3 January 2021.

Download (1MB)

Abstract

Bahan irigasi dalam perawatan endodontik memiliki peran yang sangat penting dalam membersihkan permukaan saluran akar dari debris, smear layer dan mikroorganisma. EDTA adalah bahan irigasi yang terutama digunakan karena manfaatnya dalam menghilangkan smear layer pada saluran akar dengan aktivitas antimikroba rendah dan tegangan permukaan yang tinggi. EDTA banyak dikembangkan untuk mengkompensasi kekurangan tersebut dengan menambahkan bahan antimikroba dan surfaktan. Chlorhexidin (CHX) telah digunakan sebagai bahan irigasi untuk efek antimikroba tinggi. Surfaktan, dalam hal ini Cetrimide, ditambahkan ke bahan irigasi untuk menurunkan tegangan permukaan dan meningkatkan aktivitas antimikrobanya. Kombinasi ketiga medikamen ini dalam larutan mix 3 diharapkan dapat sinergis untuk meningkatkan efektivitas bahan irigasi dalam membersihkan permukaan saluran akar. Tujuan: Membandingkan kebersihan permukaan saluran akar dengan menggunakan bahan irigasi SmearOff, mix 2 solution EDTA dan CHX, EDTA 17%, CHX 2% dan Cetrimide 0,2%. Metode: dua puluh lima gigi premolar yang diekstraksi dengan saluran akar tunggal dibagi menjadi lima kelompok (n = 5). Semua spesimen dipreparasi dengan teknik ProTaper for Hand Use sampai F3 dan diirigasi. Kelompok 1 menggunakan SmearOff sebagai irigasi, kelompok 2 menggunakan mix 2 solution EDTA dan CHX, kelompok 3 menggunakan EDTA 17%, kelompok 4 menggunakan CHX 2% dan kelompok 5 menggunakan Cetrimide 0,2%. Sampel dibelah longitudinal di bagian sepertiga apikal. Permukaan saluran akar kemudian diperiksa dengan menggunakan Scanning Electron Miceoscope (SEM). Hasil sampel dinilai oleh tiga pengamat berbeda dan diuji secara statistik. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelima kelompok yang diuji (p <0,05). Kelompok 1, irigasi dengan menggunakan SmearOff (Mix 3 Solution) menunjukkan rata-rata skor terbaik yaitu 1,31. Kesimpulan: Kombinasi EDTA, CHX dan Cetrimide dalam mix 3 solution sebagai irigasi memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan single solution dalam membersihkan permukaan saluran akar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 182/17 Lak p
Uncontrolled Keywords: Mix 3 Solution, Mix 2 Solution, SmearOff, EDTA, Chlorhexidin, Cetrimide, smear layer, dinding saluran akar.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AMANDA BRIGITTA LAKSONO, 021411133002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDian Agustin W, Dr. ., drg., Sp. KG(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Jan 2018 18:26
Last Modified: 02 Jan 2018 18:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68694
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item