EKSPRESI SEL PMN SETELAH PEMBERIAN IRIGASI LARUTAN EKSTRAK KUNYIT (Curcuma longa) PADA INFLAMASI GINGIVA TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus L.)

GRANDIS RATNANING FEBRIANTIKA, 021411131102 (2018) EKSPRESI SEL PMN SETELAH PEMBERIAN IRIGASI LARUTAN EKSTRAK KUNYIT (Curcuma longa) PADA INFLAMASI GINGIVA TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus L.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 3 January 2021.

Download (2MB)

Abstract

Penyakit periodontal seperti gingivitis memiliki prevalensi yang cukup tinggi pada semua kelompok umur di Indonesia sebesar 96,58%. Respon pertahanan tubuh pertama akibat adanya inflamasi yaitu invasi sel PMN ke daerah yang terkena jejas. Untuk membantu mempercepat penyembuhan inflamasi, dapat digunakan obat tradisional yang berasal dari ekstrak tanaman kunyit karema memiliki efek anti-inflamasi. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh pemberian irigasi larutan ekstrak kunyit (Curcuma Longa) terhadap ekspresi sel PMN pada inflamasi gingiva tikus wistar. Metode : Empatbelas tikus wistar dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok normal (N) terdiri dari 3 gingiva sehat. Kelompok kontrol negatif (K.-) yang terdiri dari 7 gingiva yang terinflamasi tanpa diberi ekstrak apapun. Kelompok kontrol positif (KMP) terdiri dari 7 yang terinflamasi dan diberi irigasi minyak jagung. Kelompok perlakuan (P) terdiri dari 7 gingiva yang terinflamasi dan diberi irigasi larutan ekstrak kunyit 1%. Kemudian semua kelompok didekaputasi pada 24 jam pertama paska inflamasi dan dilanjut pengambilan jaringan, pembuatan preparat menggunakan pengecatan HE serta perhitungan sel neutrofil menggunakan mikroskop cahaya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji One-Way Anova dilanjut dengan uji LSD. Hasil : Nilai rata-rata jumlah sel neutrofil pada kelompok (N) sebesar 2,4 , pada kelompok (K.-) sebesar 24, pada kelompok (KMP) sebesar 19,1 dan pada kelompok (P) sebesar 9,5. Hasil uji One-Way Anova dengan dilanjut uji LSD menunjukan bahwa terdapat perbedaan bermakna antar kelompok dengan nilai p > 0,05 Kesimpulan : Pemberian irigasi larutan ekstrak kunyit (Curcuma Longa) pada inflamasi gingiva tikus wistar (Rattus norvegicus) dapat menurunkan jumlah ekspresi sel PMN atau neutrofil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 193/17 Feb e
Uncontrolled Keywords: Gingivitis, Kurkumin, PMN, NF-kB, IL-8
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsEmail
GRANDIS RATNANING FEBRIANTIKA, 021411131102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNoer Ulfah, , drg.,Sp.Perio.(K).,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2018 00:45
Last Modified: 03 Jan 2018 00:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68706
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item