HUBUNGAN ANTARA RENTANG USIA KRONOLOGIS DENGAN TINGKAT KEPARAHAN RESESI GINGIVA (Pada Laki-laki Ras Deutro Melayu Di Surabaya)

VELLA LAVEDHA, 021411131009 (2018) HUBUNGAN ANTARA RENTANG USIA KRONOLOGIS DENGAN TINGKAT KEPARAHAN RESESI GINGIVA (Pada Laki-laki Ras Deutro Melayu Di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 5 January 2021.

Download (2MB)

Abstract

Resesi gingiva ditandai dengan terbukanya permukaan akar gigi akibat migrasi marginal gingiva yang lebih ke apikal dari CEJ. Resesi gingiva dapat terjadi secara lokal pada satu gigi, beberapa gigi, dan seluruh gigi. Miller mengklasifikasikan resesi gingiva berdasarkan perluasan kerusakan dan tingkat keparahan kehilangan jaringan keras dan lunak yang mengelilingi gigi. Resesi gingiva dapat ditemukan pada semua kelompok usia, prevalensinya semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Tujuan: untuk membuktikan bahwa ada hubungan antara rentang usia kronologis dengan tingkat keparahan resesi gingiva pada laki-laki Ras Deutro Melayu di Surabaya. Metode: jenis penelitian ini adalah observasional analitik korelatif. Penelitian ini terdiri dari 36 orang laki-laki Deutro Melayu di Surabaya yaitu remaja, dewasa, dan lansia. Penelitian ini menggunakan skor menurut Miller untuk menetapkan tingkat keparahan resesi gingiva. Analisis data menggunakan uji Spearman nonparametrik. Hasil: ada hubungan yang bermakna antara rentang usia kronologis dengan tingkat keparahan resesi gingiva, dengan tingkat signifikansi total (p=0,000) dan koefisien korelasi (π=0,955). Simpulan: ada korelasi antara rentang usia kronologis dan tingkat keparahan resesi gingiva pada laki-laki ras Deutro Melayu di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 224/17 Lav h
Uncontrolled Keywords: resesi gingiva, usia, klasifikasi Miller.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
VELLA LAVEDHA, 021411131009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMieke Sylvia M.A.R, Prof. Dr. . drg., MS., Sp. Ort(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2018 19:07
Last Modified: 04 Jan 2018 19:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68762
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item