PENGARUH OLAHRAGA INTENSITAS SEDANG INTERVAL TERHADAP PENINGKATAN EKSPRESI Bax PADA SEL EPITEL SKUAMOSA RONGGA MULUT (Pada Mencit Setelah Diinduksi Benzopyrene)

RIZANTIKA ALVANTA, 021411131026 (2018) PENGARUH OLAHRAGA INTENSITAS SEDANG INTERVAL TERHADAP PENINGKATAN EKSPRESI Bax PADA SEL EPITEL SKUAMOSA RONGGA MULUT (Pada Mencit Setelah Diinduksi Benzopyrene). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2021.

Download (1MB)

Abstract

Penyebab kematian utama di seluruh dunia salah satunya ialah penyakit kanker selain kardiovaskular. Kanker rongga mulut menempati peringkat ketiga sesudah kanker lambung dan serviks berdasakan data Globocan di International Agency for Research on Cancer (IARC) disebabkan karena kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok. Jenis kanker di rongga mulut yang memiliki angka kejadian terbanyak ialah jenis karsinoma sel skuamosa. Dewasa ini metode penanganan kanker masih bersifat mengobati serta belum efektif dan menimbulkan efek samping pada tubuh. Oleh karena itu perlu dipikirkan metode yang bersifat pencegahan, diantaranya dengan olahraga. Maka dari itu penulis ingin mempelajari mengenai konsep pencegahan kanker rongga mulut melalui pengaruh olahraga intensitas sedang interval terhadap peningkatan ekspresi Bax pada sel epitel skuamosa rongga mulut. Tujuan : Membuktikan bahwa olahraga intensitas sedang interval dapat mempegaruhi peningkatan ekspresi Bax pada sel epitel skuamosa rongga mulut setelah diinduksi oleh benzopyrene. Metode : Terdapat 3 kelompok dengan masing masing kelompok 6 ekor mencit mus musculus strain swiss webster; K1 tidak dilakukan olahraga, dan diberikan 0.04 ml oleum olevarum, K2 tidak dilakukan olahraga namun diinduksi oleh 0,08 mg benzopyrene/0.04 ml oleum olevarum, P dilakukan olahraga intensitas sedang interval dengan beban 3% dari berat badan mencit serta diinduksi oleh 0,08 mg benzopyrene dengan dengan rasio olahraga dibanding istirahat yaitu 2 dibanding 1. Setelah itu mencit dikorbankan, diambil jaringan mukosa bukal rongga mulut sebelah kanan atas, dilakukan pengecatan imunohistokimia dan dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya pembesaran 400x pada 5 lapang pandang yang berbeda. Ekspresi Bax akan terlihat berwarna kecoklatan. Hasil : Terdapat perbedaan yang signifikan antara 3 kelompok perlakuan (p=0,00). Kesimpulan : Olahraga intensitas sedang interval dapat meningkatkan ekspresi Bax pada sel epitel skuamosa rongga mulut setelah diinduksi benzopyrene.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 242/17 Alv p
Uncontrolled Keywords: Sel epitel skuamosa, olahrarga intensitas sedang interval, benzopyrene, Bax
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
RIZANTIKA ALVANTA, 021411131026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnis Irmawati, Dr. drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2018 21:35
Last Modified: 07 Jan 2018 21:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68805
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item