DISTRIBUSI CANDIDA SPP PADA PENDERITA TUBERKULOSIS PULMONER DENGAN PERAWATAN OBAT ANTI TUBERKULOSIS DI POLI DOTS RSUD. DR. SOETOMO SURABAYA (JULI-OKTOBER 2017)

NATASYA RADITYARINI, 021411133020 (2018) DISTRIBUSI CANDIDA SPP PADA PENDERITA TUBERKULOSIS PULMONER DENGAN PERAWATAN OBAT ANTI TUBERKULOSIS DI POLI DOTS RSUD. DR. SOETOMO SURABAYA (JULI-OKTOBER 2017). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2021.

Download (1MB)

Abstract

Perawatan Obat Anti Tuberkulosis (OAT) pada penderita TB Pulmoner terdiri dari OAT Kategori 1 antara lain Rifampisin, Pirazinamid, Etambutolol, INH, dan Streptomisin dan OAT Kategori 2 antara lain Kanamisin, Kapreomisin, Sikloserin, dan Etinoad. OAT diberikan secara kombinasi atau OAT-KDT (Obat Anti Tuberkulosis-Kombinasi Dosis Tetap). Penggunaan OAT dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko terjadinya kandidiasis oral. Candida albicans merupakan Candida Spp yang paling sering menyebabkan kandidiasis oral. Perlekatan Candida albicans dihubungkan dengan MDR1 yang meningkat akibat pemberian OAT. Selain itu juga teridentifikasi beberapa spesies Candida non-Albicans seperti Candida glabrata dan Candida tropicalis. Distribusi Candida Spp bermanfaat untuk menentukan obat anti fungi yang tepat. Tujuan: Mengetahui distribusi Candida Spp pada penderita TB Pulmoner dengan perawatan OAT di Poli DOTS RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Metode: Dilakukan pemeriksaan data rekam medis, wawancara, pengambilan sampel hapusan dari mukosa bukal dan dorsum lidah, kultur pada media Saboraud Dextrose Agar (SDA) dan Cornmeal Tween 80, serta identifikasi spesies melalui direct microscopic slide culture, uji fermentasi gula-gula, dan CHROM Agar Candida. Hasil: Distribusi Candida Spp terbanyak adalah Candida albicans kemudian diikuti dengan Candida glabrata. Kesimpulan: Distribusi Candida albicans adalah 83,3% atau 5 penderita berusia sekitar 40 tahun, berjenis kelamin perempuan, dan dengan perawatan OAT Kategori 1. Distribusi Candida glabrata adalah 16,7% atau 1 penderita penderita berusia lebih dari 40 tahun, berjenis kelamin perempuan, dan dengan perawatan OAT Kategori 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 250/17 Rad d
Uncontrolled Keywords: TB Pulmoner, Obat Anti Tuberkulosis, Candida Spp
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
NATASYA RADITYARINI, 021411133020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagus Soebadi, , drg., MHPEd., Sp.PMUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2018 23:16
Last Modified: 07 Jan 2018 23:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68816
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item