PENGARUH BRAND REPUTATION, BRAND TRIBALISM, DAN BRAND RELATIONSHIP QUALITY, TERHADAP BRAND ADVOCACY PADA KLUB SEPAKBOLA PERSEBAYA SURABAYA

BRYAN CANDRA PRAYOGA, 041311233309 (2018) PENGARUH BRAND REPUTATION, BRAND TRIBALISM, DAN BRAND RELATIONSHIP QUALITY, TERHADAP BRAND ADVOCACY PADA KLUB SEPAKBOLA PERSEBAYA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2021.

Download (2MB)

Abstract

Pergeseran dunia persepakbolaan Indonesia menjadi dunia industri membuat sepakbola tidak hanya sekedar olahraga, nama klub sepakbola merupakan “brand” yang penting dalam penjualan tiket, merchandise, hak siar, sponsor, dan daya tarik untuk investor. Persebaya Surabaya merupakan klub sepakbola bersejarah di Indonesia yang terhitung sudah 11 tahun tidak memperoleh gelar di kompetisi persepakbolaan tingkat tertinggi di Indonesia yaitu Indonesia Super League, dan sedang dalam kasus dualisme serta perebutan hak merek dan logo Persebaya asli. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh reputasi Persebaya, perilaku tribalisme supporter, serta kualitas hubungan yang terjalin antara Persebaya dengan suporternya, terhadap kesediaan Suporternya untuk ikut serta dalam supporting action agar Persebaya dapat kembali bermain secara reguler dan berprestasi. Responden pada penelitian ini adalah Suporter Persebaya yang aktif dalam jejaring sosial Instagram dan Line Bonek Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menguji beberapa hipotesis dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling). Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar kuisioner pada jangka waktu yang ditentukan yang disebarkan di akun Instagram dan grup Line Bonek Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi yang dimiliki oleh Persebaya dan perilaku tribalisme suporter berpengaruh terhadap kualitas hubungan yang terbentuk antara Persebaya dan suporternya. Kemudian, kualitas hubungan yang terbentuk tersebut berpengaruh terhadap kesediaan suporter untuk turut serta pada supporting action bagi Persebaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 342/17 Pra p
Uncontrolled Keywords: Persebaya, Brand Reputation, Brand Tribalism, Brand Relationship Quality, Brand Advocacy
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
BRYAN CANDRA PRAYOGA, 041311233309UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSony Kusumasondjaja, SE., M.Com., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2018 22:24
Last Modified: 08 Jan 2018 22:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68841
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item