PENDIDIKAN KESEHATAN : FLASH CARD DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU MENSTRUAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI BERDASARKAN TEORI PRECEDE PROCEDE DI SMP CAHAYA SURABAYA

BELLANI OCTADIARY, 131511123089 (2018) PENDIDIKAN KESEHATAN : FLASH CARD DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU MENSTRUAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI BERDASARKAN TEORI PRECEDE PROCEDE DI SMP CAHAYA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2021.

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya informasi tentang menstrual hygiene mengakibatkan faktor perilaku (pengetahuan, sikap dan keterampilan) menjadi tidak adekuat dan akan mengganggu kesehatan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pendidikan kesehatan dalam upaya meningkatkan perilaku menstrual hygiene remaja putri di SMP Cahaya Surabaya. Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperiment dengan kelompok kontrol dan teknik purposive sampling. Responden sebanyak 44 responden dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan (22 responden) dan kelompok kontrol (22 responden). Variabel independen adalah pendidikan kesehatan menggunakan media flash card menstrual hygiene. Variabel dependen adalah pengetahuan, sikap dan keterampilan Menstrual hygiene remaja putri. Data didapatkan menggunakan kuesioner untuk pengetahuan dan sikap serta lembar observasi untuk keterampilan. Analisa data menggunakan Wilconxon Signed Rank Test dan Mann Whitney U-Test. Hasil: Hasil uji statistik terdapat peningkatan pengetahuan (p=0,001), sikap (p=0,014) dan keterampilan (p=0,005) pada kelompok perlakuan setelah diberikan intervensi media flash card menstrual hygiene, sedangkan pada kelompok kontrol terdapat peningkatan pengetahuan (p=0,046), namun tidak terdapat peningkatan pada sikap (p=1,000) dan keterampilan (p=0,655). Hasil uji statistik antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh media flash card terhadap pengetahuan (p=0,004), sikap (p=0,007) dan keterampilan (p=0,035). Diskusi: Kesimpulan penelitian ini adalah pendidikan kesehatan: flash card menstrual hygiene dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan remaja putri dalam melakukan menstrual hygiene. Perawat sebagai edukator dapat menggunakan media flash card sebagai alternatif pendidikan kesehatan pada tatanan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 183/17 Oct p
Uncontrolled Keywords: flash card, perilaku menstrual hygiene, remaja putri
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
BELLANI OCTADIARY, 131511123089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEsti Yunitasari, Dr. , S.Kep.,Ns.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2018 22:30
Last Modified: 08 Jan 2018 22:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68842
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item