PENGARUH TERAPI AURIKULOPUNKTUR TITIK EAR APEX, PARU, LAMBUNG DAN ENDOKRIN PADA KADAR SEBUM REMAJA LAKI-LAKI PENDERITA JERAWAT(ACNE VULGARIS)

AGUNG PRIBADI, 151410483014 (2016) PENGARUH TERAPI AURIKULOPUNKTUR TITIK EAR APEX, PARU, LAMBUNG DAN ENDOKRIN PADA KADAR SEBUM REMAJA LAKI-LAKI PENDERITA JERAWAT(ACNE VULGARIS). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.PT.11 17 Pri p.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.PT.11 17 Pri p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jerawat (Acne vulgaris) merupakan penyakit kulit peradangan kronik folikel pilosebasea yang umumnya terjadi pada masa remaja dengan gambaran klinis berupa komedo, papul, dan nodus pada daerah muka, bahu, leher, dada, punggung bagian atas dan lengan bagian atas. Jerawat terjadi karena pori-pori kulit terbuka dan tersumbat dengan minyak, sel-sel kulit mati, infeksi bakteri, faktor makanan, kosmetik, dan bahan kimia lain. Menurut TCM, Fen Ci (jerawat) merupakan kondisi yag terkait dengan akumulasi panas dalam tubuh. Hal ini disebabkan pasien suka mengkonsumsi makanan yang pedas dan manis dan berfikir berlebih. Aurikulopunktur adalah metode terapi penekanan titik-titik akupunktur pada daun telinga, yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Subjek penelitian 9 orang remaja laki-laki usia 17 tahun diberikan terapi Aurikulopunktur pada titik Ear Apex, Paru, Lambung, dan Endokrin pada daun telinga. Prinsip terapi adalah menetralkan panas dan lembab, menghilangkan dahak, dan melancarkan darah. Terapi Aurikulopunktur dilakukan 1 seri 5 kali terapi dengan merangsang titik titik Ear Apex, Paru, Lambung, dan Endokrin dengan menggunakan Vaccaria seed pressing. Parameter penelitian adalah penurunan kadar sebum pada wajah yang dianalisis menggunakan alat skin analyzer. Hasil yang diperoleh menunjukkan kadar sebum yang menurun dari rata-rata 221,75 ea menjadi 197,44 ea. Dapat disimpulkan bahwa terapi Aurikulopunktur pada titik Ear Apex, Paru, Lambung, dan Endokrin dengan 1 seri terapi dapat menurunkan kadar sebum pada remaja laki-laki yang menderita jerawat (Acne vulgaris).

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.PT.11/17 Pri p
Uncontrolled Keywords: Jerawat, Acne vulgaris, Aurikulopunktur
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D4 Alih Jenjang Pengobatan Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
AGUNG PRIBADI, 151410483014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdurrachman, Dr., dr., M.Kes., PA(K).UNSPECIFIED
Thesis advisorTheresia Indah Budhy S., Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Jan 2018 23:25
Last Modified: 10 Jan 2018 23:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68890
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item