ESTIMASI USIA DENGAN PENGUKURAN INDEX RUANG PULPA MELALUI METODE CPCI PADA POPULASI JAWA DI SURABAYA (Menggunakan Foto Radiograf Panoramik)

INTAN ANDIYANI, 021411131010 (2018) ESTIMASI USIA DENGAN PENGUKURAN INDEX RUANG PULPA MELALUI METODE CPCI PADA POPULASI JAWA DI SURABAYA (Menggunakan Foto Radiograf Panoramik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 January 2021.

Download (2MB)

Abstract

Metode Coronal Pulp Cavity Index (CPCI) merupakan salah satu pengukuran metode estimasi usia biologis dengan menggunakan radiografi. Metode ini dapat dilakukan pada gigi molar pertama rahang bawah dan gigi premolar pertama rahang bawah karena gigi tersebut memiliki hasil yang signifikan pada kelompok usia yang berbeda. Radiografi panoramik dipilih karena dapat menampilkan seluruh keadaan rongga mulut sehingga dapat dikombinasi dengan metode identifikasi usia lain maupun identifikasi jenis kelamin. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui selisih usia kronologis dan usia biologis pada setiap kelompok usia. Tujuan : Untuk mengetahui luas ruang pulpa dapat digunakan untuk menentukan estimasi usia dengan metode CPCI (Coronal Pulp Cavity Index) pada populasi Jawa di Surabaya dan untuk mengetahui perbedaan estimasi usia antara perempuan dan pria maupun premolar dan molar. Metode : Penelitian ini menggunakan 36 sampel yang dibagi atas 4 kelompok. Sampel dilakukan foto panoramik pada gigi premolar pertama dan molar pertama rahang bawah dan diukur tinggi CPCH dan CH untuk mengetahui indeks TCI dengan rumus: TCI = CPCH x 100/ CH, kemudian dilakukan perhitungan regresi linier pada hasil perhitungan TCI untuk mengetahui usia biologis setelah itu hasil usia biologis diselisihkan dengan usia kronologis dan diamati perbedaan selisihnya. Hasil : Terdapat selisih antara usia kronologis dengan usia dental dari perempuan sebesar 0,427 tahun, pria 0,588 tahun, premolar 0,427 tahun, molar 0,588 tahun dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebesar 0,930 antara perempuan dan pria maupun premolar dan molar. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam metode CPCI (Coronal Pulp Cavity Index) dapat digunakan untuk menentukan estimasi usia dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara ukuran ruang pulpa melalui perbedaan jenis kelamin maupun jenis gigi dalam rentan usia yang sama. Kata Kunci : Estimasi Usia, Metode CPCI, Radiografi Panoramik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 16/18 And e
Uncontrolled Keywords: Estimasi Usia, Metode CPCI, Radiografi Panoramik.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
INTAN ANDIYANI, 021411131010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBambang Soegeng H, , drg.,PA., MKesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2018 22:03
Last Modified: 11 Jan 2018 22:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68912
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item