TEKNIK PEMBENIHAN DAN BUDIDAYA IKAN NILA SRIKANDI DI BALAI PENELITIAN PEMULIAAN IKAN SUKAMANDI, SUBANG, JAWA BARAT

ULFI HANIFA, 141411131052 (2017) TEKNIK PEMBENIHAN DAN BUDIDAYA IKAN NILA SRIKANDI DI BALAI PENELITIAN PEMULIAAN IKAN SUKAMANDI, SUBANG, JAWA BARAT. FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL PK BP 183-17 Han t-Abstrak.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL PK BP 183-17 Han t-Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only until 13 January 2021.

Download (718kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila SRIKANDI Oreochromis aureus x O. niloticus adalah salah satu jenis ikan yang dapat dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan toleran terhadap salinitas yang tinggi. Ketersediaan benih yang masih terbatas tidak sebanding dengan permintaan yang merupakan kendala dalam usaha budidaya. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk meningkatan pengetahuan, keterampilan dalam teknik budidaya ikan nila SRIKANDI dan permasalahan yang timbul serta cara mengatasinya. PKL ini dilaksanakan di BPPI Sukamandi, Subang, Jawa Barat pada tanggal 23 Januari 2017 hingga 20 Februari 2017. Metode kerja yang digunakan dalam PKL ini adalah metode pengumpulan data dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka. Pembenihan ikan nila SRIKANDI merupakan salah satu kegiatan usaha di BPPI. Kegiatan pembenihan dan budidaya yang perlu diperhatikan, meliputi: persiapan kolam, pemeliharaan induk, seleksi induk, pemijahan induk, penetasan telur, pemeliharaan benih, pakan, pengelolahan kualitas air, hama dan penyakit, dan panen. Sumber air berasal dari waduk Jatiluhur. Pakan yang diberikan untuk larva yaitu PS-P berupa tepung, untuk induk menggunakan pakan apung Vitality 990, untuk pakan benih menggunakan MS Prima Feed PF800 dan PF1000. Pakan yang diberikan selama budidaya ikan nila SRIKANDI adalah pakan buatan pabrik yang disesuaikan dengan bukaan mulut dan kebutuhan nutrisi yang dilakukan secara ad satiation. Daerah pemasaran benih ikan nila SRIKANDI sekitar Jawa Barat dan kawasan Pantai Utara Jawa atau pembeli datang langsung ke BPPI Sukamandi, Subang.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 184-17 Han t
Uncontrolled Keywords: Teknik Pembenihan dan Budidaya Ikan Nila SRIKANDI
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
ULFI HANIFA, 141411131052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAkhmad Taufiq MuktiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 12 Jan 2018 18:00
Last Modified: 12 Jan 2018 18:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item