PENYUSUNAN DOKUMEN TATA LAKSANA PENGELOLAAN FASILITAS TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DAN ITIL V3 STUDI KASUS DIVISI TEKNOLOGI PT.PAL SURABAYA

EVAN DWI SATRIYA, 081311633007 (2017) PENYUSUNAN DOKUMEN TATA LAKSANA PENGELOLAAN FASILITAS TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DAN ITIL V3 STUDI KASUS DIVISI TEKNOLOGI PT.PAL SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ST.SI.01 18 Sat p.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_ST.SI.01 18 Sat p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bertambah pesatnya perkembangan TI mendorong perusahaan yang bergerak dalam bidang maritim untuk memanfaatkan TI sebagai alat integrasi satu divisi dengan divisi lain. Kegunaan TI untuk perencanaan sumber daya perusahaan yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek keuangan, operasi, produksi (logistik), distribusi dan desain. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat dokumen tata laksana pengelolaan fasilitas berupa standar operasional prosedur yang mengacu pada kerangka kerja COBIT 5 DSS01.05 Manage facilities. Dokumen tata laksana dibutuhkan oleh perusahaan karena untuk mengetahui detail pelaksanaan dalam menerapkan pemeliharaan dan pengembangan fasilitas TI serta setiap personil memiliki wewenang tanggung jawab masing masing. Tata kelola TI pengelolaan fasilitas dibutuhkan oleh perusahaan untuk memastikan bahwa manajemen operasional TI dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi. Penyusunan dokumen tata laksana berupa prosedur pengelolaan fasilitas dilakukan dalam enam tahapan. Tahapan pertama adalah merumuskan masalah penelitian, tahap ke dua melakukan studi literatur, tahap ke tiga pemetaan COBIT 5 dengan ITIL V3, tahap ke empat relevansi terhadap kebutuhan, tahap ke lima penentuan peran RACI Chart pada struktur organisasi, tahap ke enam penyusunan dokumen tata laksana berupa standar operasional prosedur, Tahapan akhir pada penelitian ini adalah adalah verifikasi yang dilakukan dengan wawancara kepada kepala departemen TI dan komunikasi, kemudian prosedur diperbaiki sesuai dengan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menghasilkan 10 prosedur dan 1 prosedur dihasilkan oleh PT. IFS untuk pengelolaan fasilitas pada divisi teknologi PT.PAL, dengan total 30 aktivitas tunggal berupa poin-poin dimana 28 aktivitas dapat dijalankan sepenuhnya. Hasil verifikasi menunjukkan bahwa sebanyak 30 aktivitas dapat dijalankan sepenuhnya, 2 aktivitas belum dapat dijalankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.01/18 Sat p
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Fasilitas, Manajemen Fasilitas, COBIT 5 DSS01.05, ITIL V3, Prosedur
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology(General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
EVAN DWI SATRIYA, 081311633007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si., MT.UNSPECIFIED
ContributorEndah Purwanti, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Jan 2018 20:30
Last Modified: 14 Jan 2018 20:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68945
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item