ANALISIS KEBUTUHAN PELANGGAN TERHADAP LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT BINTANG AGRAPANA SUKSES DENGAN MENERAPKAN BUSINESS RELATIONSHIP MANAGEMENT BERDASARKAN ITIL FRAMEWORK

SUSMIANDRI, 081311633025 (2017) ANALISIS KEBUTUHAN PELANGGAN TERHADAP LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT BINTANG AGRAPANA SUKSES DENGAN MENERAPKAN BUSINESS RELATIONSHIP MANAGEMENT BERDASARKAN ITIL FRAMEWORK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ST.SI.04 18 Sus a.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_T.SI.04 18 Sus a.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Bintang Agrapana Sukses merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan jasa tenaga kerja atau outsourcing. PT Bintang Agrapana Sukses masih melakukan pelayanan dengan cara manual dan belum menerapkan layanan teknologi informasi (TI). PT Bintang Agrapana Sukses sebagai perusahaan yang ingin terus maju, berkembang dan unggul dari kompetitornya, perlu menerapkan layanan TI. Saat ini hal yang perlu dilakukan oleh PT Bintang Agrapana Sukses adalah melakukan analisis kebutuhan pelanggan, sehingga layanan TI yang nantinya diterapkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan memiliki nilai guna yang tinggi, agar dapat memberikan keuntungan bagi PT Bintang Agrapana Sukses. Tujuan penelitian ini yaitu menerapkan service strategy business relationship management berdasarkan ITIL framework, untuk melakukan analisis kebutuhan pelanggan pada PT Bintang Agrapana Sukses. Pada penelitian ini, dilakukan 2 tahapan untuk mendapatkan hasil analisis kebutuhan pelanggan dengan baik. Tahap pertama adalah melakukan analisis kebutuhan pelanggan, yang didalamnya terdapat 5 tahapan berdasarkan pada service strategy business relationship management, yaitu identifikasi stakeholder, mendefinisikan hasil bisnis, menetapkan kebutuhan strategis dan pendanaan, mendefinisikan kasus bisnis, serta melakukan validasi pola aktivitas bisnis. Tahap kedua adalah melakukan verifikasi dan perbaikan terhadap hasil analisis kebutuhan pelanggan. Pada penelitian ini, didapatkan hasil bahwa saat ini PT Bintang Agrapana Sukses dapat menerapkan 4 dari 7 rekomendasi layanan TI, dikarenakan penerapan dari keempat layanan TI tersebut paling sesuai dengan keadaan dan kebutuhan dari PT Bintang Agrapana Sukses serta pelanggannya saat ini. Keempat rekomendasi layanan TI tersebut adalah website, layanan CRM, layanan monitoring, dan layanan pemesanan. Hasil dari penelitian ini juga memberikan detail informasi terkait empat rekomendasi layanan TI, seperti penjelasan dari tiap layanan TI dan perkiraan dana untuk menerapkannya, dampak dan resiko dari penerapan tiap layanan TI, hingga perkiraan beban kerja dari tiap layanan TI, yang dapat digunakan sebagai strategi dan perencanaan untuk melakukan penerapan layanan TI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.04/18 Sus a
Uncontrolled Keywords: service strategy, business relationship management, ITIL framework, analisis kebutuhan pelanggan, strategi layanan TI.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
SUSMIANDRI, 081311633025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndra kharisma Raharjana, S.Kom., MT.UNSPECIFIED
ContributorArmy justitia, S.Kom., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Jan 2018 22:51
Last Modified: 14 Jan 2018 22:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68955
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item