RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ELECTRE I

MUHAMMAD FAIZ AKMAL, 081311633036 (2018) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ELECTRE I. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ST.SI.05 18 Akm r.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_ST.SI.05 18 Akm r.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemilihan mahasiswa berprestasi merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun oleh Universitas Airlangga. Peninjauan pada kasus pemilihan mahasiswa berprestasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik didapatkan bahwa pemilihan mahasiswa berprestasi dipegang oleh bagian kemahasiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pendukung keputusan untuk memilih mahasiswa berprestasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politk Universitas Airlangga dengan menggunakan metode Fuzzy ELECTRE I berdasarkan panduan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Penelitian ini terdiri dari enam tahapan. Tahap pertama metodologi penelitian adalah pengumpulan data dan informasi melalui studi literatur, wawancara dan pengumpulan data sekunder. Tahap kedua adalah pengolahan data dan informasi untuk mendapatkan rancangan sistem yang akan dibangun. Tahap ketiga adalah analisis data dengan Fuzzy ELECTRE I untuk bisa diperoleh rangking rekomendasi mahasiswa berprestasi. Tahap keempat adalah perancangan sistem dengan menggunakan sistem flow diagram, desain user interface dan pseudocode. Tahap kelima adalah implementasi sistem berbasis web serta perangkingan dengan menggunakan sistem. Tahap keenam adalah pengujian sistem dengan pengujian validitas sistem. Pada tahap terakhir, evaluasi sistem dilakukan melalui kepuasan user berdasarkan nilai usability, functional completeness, performance dan overall. Sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi dengan menggunakan metode Fuzzy ELECTRE I dapat mengungkapkan alternatif mana yang lebih baik, yang tidak dapat diperbandingkan atau yang tidak terlalu signifikan perbedaannya antar alternatif satu dengan alternatif lainnya. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem yang dibangun bernilai 3.29 dari skala 4. Hal ini berarti bahwa sistem tersebut sangat baik berdasarkan rentang skor kuesioner. Dengan demikian, diharapkan sistem pendukung keputusan ini dapat membantu dalam pemilihan mahasiswa berprestasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.05/18 Akm r
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, Fuzzy ELECTRE I, Multi- Criteria Decision Making, Sistem Pendukung Keputusan.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD FAIZ AKMAL, 081311633036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEto Wuryanto, Drs., DEA.UNSPECIFIED
ContributorRimuljo Hendradi, Dr., S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Jan 2018 23:06
Last Modified: 14 Jan 2018 23:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68956
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item