WOMEN’S LINGUISTIC FEATURES USED BY RITA O’GRADY IN “MADE IN DAGENHAM” MOVIE

SILVI AUFA MEGASARI, 121411233026 (2018) WOMEN’S LINGUISTIC FEATURES USED BY RITA O’GRADY IN “MADE IN DAGENHAM” MOVIE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.compressed.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 January 2021.

Download (2MB)

Abstract

Kesetaraan gender merupakan fenomena yang dapat kita temukan di dalam kehidupan sehari-hari. Faktanya, wanita masih dianggap memiliki posisi di bawah pria, terutama di tempat kerja. Oleh karena itu, wanita dipercaya sering menggunakan bahasa yang mencerminkan status mereka di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis fitur linguistik yang terdapat dalam film ‘Made in Dagenham’ dan menginvestigasi faktor sosial yang mungkin mempengaruhi penggunaan beberapa fitur linguistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian didapatkan dari ucapan-ucapan pemeran utama dalam film, Rita O’Grady. Peneliti menggunakan teori Lakoff (1975) dan beberapa teori pendukung lainnya dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan jika terdapat enam fitur linguistik yang ditemukan berdasarkan pada beberapa cabang linguistik. Beberapa fitur linguistik ini adalah /h/ dropping, postvocalic /r/ appearing, /n/ ending, the use of strong swear words, the use of non-‘superpolite’ forms, and the omission of subject pronoun. Sebagai tambahan, terdapat delapan fitur linguistik yang dapat ditemukan berdasarkan pada teori Lakoff (1975). Fitur-fitur linguistik ini adalah lexical hedges or fillers, tag question, rising intonation on declaratives, ‘empty’ adjectives, intensifiers, ‘hypercorrect’ grammar, ‘superpolite’ forms, dan emphatic stress. Terlebih lagi, penggunaan semua fitur linguistik ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial. Lebih spesifik, faktor yang paling sering dipakai adalah fungsi. Selain itu, penggunaan beberapa fitur linguistik oleh Rita sedikit berbeda dari penggunaan fitur-fitur tersebut pada umumnya. Oleh karena itu, penggunaan fitur linguistik ini membuat Rita berbeda dari kebanyakan wanita dalam mendapatkan status yang lebih tinggi di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS.BE 06/18 Meg w
Uncontrolled Keywords: bahasa dan gender, faktor sosial, fitur linguistik perempuan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
SILVI AUFA MEGASARI, 121411233026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErlita R, M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2018 22:30
Last Modified: 15 Jan 2018 22:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69011
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item