GENDER IN MEDIA: THE PORTRAYAL OF WOMAN IN REXONA DEO LOTION (2015) COMMERCIAL VIDEO

MUHAMAD ADJIE WIRAWAN, 121511223014 (2018) GENDER IN MEDIA: THE PORTRAYAL OF WOMAN IN REXONA DEO LOTION (2015) COMMERCIAL VIDEO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 January 2021.

Download (1MB)

Abstract

Studi ini membahas penggambaran model wanita di dalam video Rexona Deo Lotion. Video tersebut menampilkan seorang model wanita yang cantik dan memiliki paras yang rupawan, yang mana hal ini menjadi hal yang lumrah di setiap iklan produk kecantikan dan pribadi. Video tersebut disiarkan pada tahun 2015 di berbagai saluran televisi Indonesia dan durasi dari video komersial ini sekitar 15 detik. Teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah Barbie sebagai Prototipe Posthuman oleh Kim Toffoletti (2007). Selain itu, untuk mendapatkan analisis yang lebih dalam, metode yang diterapkan untuk penelitian ini adalah dengan melibatkan metode semiotik dari John Fiske (1987) yang menjelaskan tentang three codes of television, yang terdiri dari level Reality, Representasi, dan Ideologi. Untuk pengumpulan data, studi ini mengklasifikasikan empat adegan dari video yang menggambarkan model wanita sebagai prototipe dari Barbie. Studi ini juga meneliti bagaimana fitur fisik yang dimiliki oleh model wanita memiliki kesamaan dengan penggambaran dari Barbie, yaitu kulit putih, tubuh ramping, dan objek yang menarik. Penelitian ini menghasilkan dua temuan, yaitu model wanita sebagai prototipe Barbie dan model wanita sebagai Barbie yang sederhana. Lebih lanjut, video ini menghasilkan negosiasi konstruktif tentang bagaimana model wanita yang ditampilkan menganut jenis kecantikan ideal yang sesuai dengan selera barat, meskipun, video komersial tersebut merupakan produksi dari negara Asia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS.BE 07/18 Wir g
Uncontrolled Keywords: Barbie Sebagai Prototipe, Deodorant, Kecantikan Ideal, Negosiasi, Rexona
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMAD ADJIE WIRAWAN, 121511223014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNurul Fitri Hapsari, M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2018 22:54
Last Modified: 15 Jan 2018 22:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69012
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item