PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DIKALANGAN PENSIUNAN (Studi Deskriptif Perilaku Penemuan Informasi Dikalangan Pensiunan Berkaitan Dengan Penggunaan Dana Pensiun)

Ganie Laksana Lazuardi, 071116037 (2017) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DIKALANGAN PENSIUNAN (Studi Deskriptif Perilaku Penemuan Informasi Dikalangan Pensiunan Berkaitan Dengan Penggunaan Dana Pensiun). Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.02 18 Laz p.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.02 18 Laz p.pdf
Restricted to Registered users only until 17 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.02 18 Laz p.pdf

Download (282kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pensiun merupakan tahapan yang akan dilalui semua individu yang bekerja dalam sebuah perusahaan maupun instansi dimana masa pensiun dapat menjadi sebuah pengalaman baru dalam sebuah tahapan hidup. Dalam era informasi digital seperti sekarang ini informasi menjadi hal umum yang dimiliki oleh semua orang dan segala aspek kehidupan akan lebih ringan dengan menggunakan bantuan kemajuan jaman. Para pensiunan dalam penelitian ini merupakan pensiunan dari PT. Petrokimia Gresik dimana ketika menginjak masa pensiun mereka mendapatkan tunjangan dana hari tua atau dana pensiun. Kebutuhan informasi menjadi salah satu hal yang penting bagi pensiunan berkaitan dengan segala aspek kehidupan mereka. Penelitian ini dilakukkan untuk menggambarkan kebutuhan informasi yang nampak dari para pensiunan ini yang kemudian akan dikaitkan dengan teori perilaku penemuan informasi miliki Carol C Kulthau. Penelitian ini menggunakan convenience sampling atau sampling yang diambil berdasarkan pertimbangan kemudahan dengan menggunakan kuesioner maupun wawancara. Tahapan menghubungkan kebutuhan informasi dengan perilaku penemuan informasi milik Kulthau dilakukan dengan cara penyilangan tabel atau Cross tab. Pada akhirnya penelitian ini mendapatkan hasil bahwa gambaran kebutuhan informasi pada pensiunan terlihat jelas dari pilihan-pilihian maupun perkataan yang didapatkan dalam lapangan. Terdapat kaitan dan hubungan antara gambaran kebutuhan dengan tahapan perilaku penemuan informasi milik Kulthau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.IIP.02/18 Laz p
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Informasi, Pensiunan, Perilaku Penemuan Informasi.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Ganie Laksana Lazuardi, 071116037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 17 Jan 2018 01:42
Last Modified: 17 Jan 2018 01:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69061
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item