Tingkat Literasi Kesehatan Pada Keluarga Penderita Penyakit Diabetes Mellitus di RSUD Dr. M. Soewandhie Surabaya

SHANDY RAHMA RAMADHAN, 071311633096 (2017) Tingkat Literasi Kesehatan Pada Keluarga Penderita Penyakit Diabetes Mellitus di RSUD Dr. M. Soewandhie Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.06 18 Ram t.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.06 18 Ram t.pdf
Restricted to Registered users only until 17 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
Jurnal_Fis.IIP.06 18 Ram t.pdf

Download (295kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Literasi informasi kesehatan menjadikan masyarakat untuk lebih paham dan memiliki keterampilan dengan berupa cara mengakses, membaca atau memahami, menilai dan menerapkan informasi yang telah diterima guna membuat keputusan, mencegah timbulnya suatu penyakit dan juga dalam mempromosikan kesehatan. Dalam sistem pelayanan kesehatan masih ada beberapa masyarakat dengan literasi kesehatan yang rendah dalam menangani masalah penyakit seperti penyakit kronis tidak menular yaitu diabetes mellitus, dimana penyakit ini seringkali ditemukan diberbagai wilayah di Indonesia terutama wilayah Jawa Timur. Merawat penderita penyakit diabetes mellitus membutuhkan bantuan dari orang sekitar terutama keluarga karena merekalah dapat memberikan bantuan berupa dukungan mental, informasional, moril maupun spiritual maka keluarga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam literasi kesehatan yang baik untuk keluarga maupun dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan dan mengukur tingkat literasi kesehatan pada keluarga penderita penyakit diabetes mellitus. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang menggambarkan dan meringkas berbagai kondisi serta situasi tentang tingkat literasi kesehatan yang dimiliki keluarga penderita penyakit diabetes mellitus di Surabaya. Pemilihan responden dilakukan di Surabaya dengan keluarga yang memiliki penderita rawat jalan penyakit diabetes mellitus dan berdomisili di Surabaya dengan jumlah 89 responden, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling agar data yang dibutuhkan terpenuhi sesuai dengan kriteria responden. Hasil data penelitian tingkat literasi kesehatan pada keluarga penderita penyakit diabetes mellitus di RSUD Dr. M Soewandhie terdapat pada posisi tingkat literasi kesehatan interaktif dengan prosentase 86,5% dan frekunesi 77 responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.IIP.06/18 Ram t
Uncontrolled Keywords: Literasi Kesehatan, Diabetes Mellitus, Keluarga Penderita Diabetes Mellitus
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA643-645 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SHANDY RAHMA RAMADHAN, 071311633096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRagil Tri Atmi, S.IIP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:57
Last Modified: 17 Jan 2018 02:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69068
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item