SUBSTITUSI PAKAN KOMERSIAL DENGAN KOTORAN AYAM YANG DIFERMENTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN BERAT KARKAS DAN KADAR PROTEIN DAGING AYAM PEDAGING JANTAN

LAILI FARIHATUL HUDA, 069211869 (1997) SUBSTITUSI PAKAN KOMERSIAL DENGAN KOTORAN AYAM YANG DIFERMENTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN BERAT KARKAS DAN KADAR PROTEIN DAGING AYAM PEDAGING JANTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK KH 1081.97 Hud s.pdf

Download (176kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kandungan serat kasar yang tinggi pada kotoran ayam dengan jalan fermentasi, mengetahui dosis ragi tape yang terbaik dalam menurunkan kandungan serat kasar pada kotoran ayam dan mengetahui pengaruh kotoran ayam hasil fermentasi yang digunakan sebagai bahan pengganti sebagian pakan komersial terhadap kualitas karkas ayam pedaging. Penelitian ini terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama adalah fermentasi kotoran ayam dengan menggunakan ragi tape sebagai inokulan. Sejumlah 20 sampai kotoran ayam dibagi seeara aeak dalam empat perlakuan. Tiap perlakuan mendapat ragi tape dengan dosis yang berbeda-beda: Pu (tanpa ragi tape), PI (ragi tape 2%), P2 (ragi tape 4%), P3 (ragi tape 6%) dan diinkubasi selama 3 had. Selanjutnya dilakukan analisis proksimat terhadap bahan kering dan serat kasar. Setelah diketahui dosis ragi tape yang terbaik dalam menurunkan kadar serat kasar. kemudian dilanjutkan penelitian tahap kedua yaitu dilakukan perlakuan pada hewan coba. Dalam penelitian tahap ini digunakan 20 ekor ayam pedaging jantan umur dua minggu yang telah diadaptasikan mulai umur satu had dibagi dalam empat perlakuan seeara aeak. Tiap perlakuan mendapat ransum yang diberi kotoran ayam dengan dosis yang berbeda: Po (tanpa penambahan kotoran ayam), PI (kotoran ayam 5%), P2 (kotoran ayam 10%), P3 (kotoran ayam 15%). Selama penelitian ayam mendapatkan pakan starter dan finisher. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) 5 %.Hasil penelitian tahap pertama menunjukkan bahwa dosis ragi tape terbaik dalam menurunkan kadar serat kasar adalah sebesar 4% (Pz). Pada tahap kedua menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata di antara keempat pcrlakuan (p"O,05) terhadap berat karkas dan kadar protein daging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 1081.97 HUD S
Uncontrolled Keywords: PAKAN TERNAK, HEWAN TERNAK, AYAM PEDAGING
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
LAILI FARIHATUL HUDA, 069211869UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMUSTAHDI S, Prof., Dr., MSc., Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorROOSTITA BALIA, M.App.Sc., Ph.D., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 17 Jan 2018 19:56
Last Modified: 17 Jan 2018 19:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item