PERBANDINGAN EFEK ANTARA PENGGUNAAN KETAMIN DAN KOMBINASI KETAMIN-XYLAZIN UNTUK ANESTESI UMUM TERHADAP FREKUENSI PULSUS, FREKUENSI RESPARASI, TEMPERATUR TUBUH DAN LAMA ANESTESI PADA KUCING

ERI SUSANTO, 069211888 (1997) PERBANDINGAN EFEK ANTARA PENGGUNAAN KETAMIN DAN KOMBINASI KETAMIN-XYLAZIN UNTUK ANESTESI UMUM TERHADAP FREKUENSI PULSUS, FREKUENSI RESPARASI, TEMPERATUR TUBUH DAN LAMA ANESTESI PADA KUCING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK KH 1128.98 Sus p.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang perbandingan efek antara penggunaan ketamin dan kombinasi ketamin-xylazin untuk anestesi umum terhadap frekuensi pulsus, frekuensi respirasi, temperatur tubuh dan lama anestesi pada kucing. Sebagai hewan percobaan adalah 14 ekor kucing betina yang dibagi menjadi dua perlakuan. Perlakuan A dianestesi dengan ketamin sedangkan perlakuan B dianestesi dengan kombinasi ketamin-xylazin dengan dosis ketamin sebesar 20 mg/kg BB dan dosis xylazin sebesar 1 mg/kg BB yang keduanya disuntikkan secara intramuskuler. Pengamatan dilakukan pada periode I (15 menit sebelum perlakuan), periode II (tepat saat anestesi tercapai) dan periode III (15 menit setelah anestesi tercapai). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketamin meningkatkan frekuensi pulsus tetapi masih dalam kisaran yang normal (p<O,Ol). Kombinasi ketamin-xylazin menurunkan frekuensi pulsus sampai di bawah kisaran yang normal (p<O,05). Ketamin menurunkan frekuensi respirasi tetapi masih dalam kisaran yang normal (p<O.01). Kombinasi ketamin-xylazin menurunkan frekuensi respirasi sampai di bawah kisaran yang normal (p<O,Ol). Ketamin tidak berpengaruh terhadap temperatur tubuh. Kombinasi ketamin-xylazin menurunkan temperatur tubuh terutama pada periode III (p<O,05). Rata-rata lama anestesi pada ketamin adalah 27,86 menit sedangkan pada kombinasi ketamin-xylazin 71,43 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 1128.98 SUS P
Uncontrolled Keywords: ANESTESI, KUCING, KETAMIN
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
ERI SUSANTO, 069211888UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDJOKO GALIJONO, M.S., Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorSOEPARTONO P, M.S., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 17 Jan 2018 20:58
Last Modified: 17 Jan 2018 20:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69088
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item