PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP KECANDUAN ONLINE GAME PADA MAHASISWA

FAKHRIYJAL RIZKI, 111111175 (2017) PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP KECANDUAN ONLINE GAME PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 Psi 15 -18 Riz p-Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 Psi 15 -18 Riz p.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh regulasi diri terhadap kecanduan permainan daring (dalam jaringan) pada mahasiswa. Regulasi diri didefinisikan sebagai sebuah proses mengatur atau mengendalikan suatu perilaku dan menjalankan perilaku tersebut sebagai strategi yang berpengaruh terhadap kemampuan seseorang dalam mencapai tujuan atau prestasi sebagai bukti peningkatan atau kemajuan (Bandura, 1999). Sedangkan kecanduan permainan daring (dalam jaringan) merupakan ketergantungan, penggunaan problematis, penggunaan kompulsif, serta penggunaan berlebihan dari permainan daring tersebut (Khang, dkk., 2013). Meskipun demikian perlu ditekankan bahwa penggunaan problematis dalam bermain permainan daring berada pada tahap berlanjut menuju kecanduan, yang mana pada akhirnya menujukkan gejala atau indikasi adiksi secara umum yaitu salience, mood modification, tolerance, withdrawal, confict, dan relapse (Griffiths, 2004 dalam Griffiths, 2012). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 124 mahasiswa yang terdiri dari 98 mahasiswa laki-laki dan 26 mahasiswa perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner daring. Alat ukur regulasi diri menggunakan kuesioner Self Regulation Questionnaire (SRQ) yang diadaptasi oleh penulis dari Neal dan Carey (2005) sejumlah 63 aitem, sedangkan alat ukur kecanduan permainan daring menggunakan kuesioner Game Addiction Scale (GAS) yang diadaptasi oleh penulis dari Lemmens, dkk., (2009) sejumlah 21 aitem. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan perangkat lunak statistik SPSS versi 21 untuk sistem operasi windows. Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil analisis data diperoleh koefisien regresi regulasi diri terhadap kecanduan permainan daring sebesar 0,071 dengan nilai p = 0,003. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada regulasi diri terhadap kecanduan permainan daring pada mahasiswa. Jika dilihat dari arah hubungan, terdapat hubungan yang negatif antara kedua variabel. Sehingga jika regulasi diri meningkat, maka kecanduan permainan daring akan menurun. Begitu pula sebaliknya apabila regulasi diri menurun, maka kecanduan permainan daring akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 15/ 18 Riz p
Uncontrolled Keywords: self-regulation, online game addiction, college student
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
FAKHRIYJAL RIZKI, 111111175UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTriana Kesuma Dewi, S.Psi., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 21 Jan 2018 18:24
Last Modified: 21 Jan 2018 18:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69158
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item