THE PORTRAYAL OF LESBIAN CONTINUUM IN CAROL MOVIE (2015)

FIRNANDA FAUZIYYAH, 121311233085 (2018) THE PORTRAYAL OF LESBIAN CONTINUUM IN CAROL MOVIE (2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2021.

Download (2MB)

Abstract

Identitas lesbian adalah identitas terpinggirkan di masyarakat. Penelitian ini akan membahas penggambaran wanita lesbian yang menegosiasikan identitasnya sebagai lesbian dalam masyarakat heteronormatif dalam film Carol. Carol adalah film lesbian Amerika tahun 2015 yang disutradarai oleh Todd Haynes. Film ini diadaptasi dari novel Patricia Highsmith The Price of Salt dan berdasarkan setting cerita aslinya pada tahun 1950. Carol adalah seorang wanita lesbian yang mencoba menegosiasikan identitasnya sebagai lesbian di lingkungan heteroseksual. Penelitian ini dilakukan dari perspektif lesbian continuum. Dalam lesbian continuum, wanita tidak hanya memiliki pengalaman seksual dengan wanita lain, namun keintiman dalam persahabatan juga bisa disertakan dalam continuum. Karena hubungan lesbian dilarang oleh masyarakat, wanita lesbian cenderung memiliki kehidupan ganda. Fungsi kehidupan perempuan ganda adalah menyembunyikan identitas lesbian di masyarakat, dan menjadi pertanda lesbian continuum. Makalah ini akan menunjukkan kepada pembaca bagaimana seorang wanita lesbian menegosiasikan orientasi seksualnya sebagai lesbian dengan masyarakat heteroseksual. Analisis dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui aspek naratif dan non naratif, diikuti dengan mengamati gambar pilihan yang menunjukkan potret ibu lesbian yang sedang bernegosiasi. Sebagai wanita lesbian dan heteroseksual pada saat bersamaan menunjukkan bahwa lesbian continuum menjadi negosiasi wanita lesbian dalam heteronormativitas. Studi ini menemukan bahwa lesbian berada di bawah otoritas heteronormativitas dalam masyarakat Amerika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS.BE 23/18 Fau p
Uncontrolled Keywords: lesbianism, lesbian continuum, heteronormativity, women double-life
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
FIRNANDA FAUZIYYAH, 121311233085UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGesang M. N. P.,S.A, M.HUmUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2018 18:49
Last Modified: 21 Jan 2018 18:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69164
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item