PERBEDAAN EFEKTIFITAS MINUM AIR PUTIH PAGI HARI DENGAN EFFLURAGE MASSAGE ABDOMINAL UNTUK PENCEGAHAN DAN PENATALAKSANAAN KONSTIPASI PADA PASIEN IMOBILISASI DI RS PHC SURABAYA

TRI SULISTYAWATI, 131511123005 (2018) PERBEDAAN EFEKTIFITAS MINUM AIR PUTIH PAGI HARI DENGAN EFFLURAGE MASSAGE ABDOMINAL UNTUK PENCEGAHAN DAN PENATALAKSANAAN KONSTIPASI PADA PASIEN IMOBILISASI DI RS PHC SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2021.

Download (2MB)

Abstract

Konstipasi adalah penurunan frekuensi defekasi, yang diikuti oleh proses pengeluaran yang lama, keras, kering serta kadang disertai rasa nyeri. Konstipasi bisa disebabkan oleh imobilisasi. Komplikasi konstipasi antara lain impaksi fekal dan hemoroid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas dari minum air putih pagi hari dengan efflurage massage abdominal untuk pencegahan dan penatalaksanaan konstipasi. Penelitian ini menggunakan metode quasy experimental pra-post test design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pasien imobilisasi di RS PHC Surabaya, sampel penelitian ini sebanyak 20 responden Teknik sampling yang digunakan adalah convinience sampling. Data dikumpulkan dengan Constipation Assesment Score dan dianalisis menggunakan uji wiloxon dan mann whitney u test dengan nilai signifikan < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minum air putih pagi hari berpengaruh terhadap pencegahan dan penatalaksanaan konstipasi pada pasien imobilisasi (p= 0,005). Efflurage massage abdominal berpengaruh terhadap pencegahan dan penatalaksanaan konstipasi pada pasien imobilisasi (p= 0,005), namun tidak ada perbedaan efektifitas antara minum air putih pagi hari dengan efflurage massage abdominal untuk pencegahan dan penatalaksanaan konstipasi pada pasien imobilisasi (p = 0.063). Penelitian selanjutnya diharapan mampu melakuan penelitian dengan resonden yang lebih bayak dan homogen, juga mampu untuk mengukur dan mengobservasi kejadian konstipasi tidak hanya dengan wawanara namun lebih objektif dengan observasi pada konsistensi feses.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 08/18 Sul p
Uncontrolled Keywords: konstipasi, minum air putih, massage abdomen, efflurage massage abdominal
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
TRI SULISTYAWATI, 131511123005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLaily Hidayati, S.Kep.,M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2018 19:25
Last Modified: 21 Jan 2018 19:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69183
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item