PATOLOGI ANATOMI IKAN KOMET (Carassius auratus auratus) AKIBAT INFESTASI Argulus japonicus JANTAN DAN BETINA PADA DERAJAT INFESTASI YANG BERBEDA

SELVI OKTORA MAHANANI, 140911051 (2016) PATOLOGI ANATOMI IKAN KOMET (Carassius auratus auratus) AKIBAT INFESTASI Argulus japonicus JANTAN DAN BETINA PADA DERAJAT INFESTASI YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_SELVI OKTORA MAHANANI abstrak.pdf

Download (998kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_SELVI OKTORA MAHANANI_140911051_FPK2009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Usaha perikanan terutama ikan hias air tawar merupakan alternatif usaha untuk menjalankan perekonomian. Salah satu kendala dalam budidaya ikan komet adalah penyakit, terutama parasit. Infestasi ektoparasit Argulus japonicus dapat mengakibatkan kematian dan kerugian ekonomi bagi pembudidaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui perubahan atau kelainan pada kulit ikan komet yang disebabkan oleh ektoparasit Argulus japonicus jantan dan betina. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2015 di Laboratorium Pendidikan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Pengaruh perlakuan terhadap perubahan patologi anatomi diolah dengan analisis statistik Analisis Variansi Rancangan Acak lengkap Pola Faktorial. Penelitian ini menggunakan dua kelompok perlakun yaitu kelompok satu menggunakan Argulus japonicus jantan dan kelompok dua menggunakan Argulus japonicus betina. Masing-masing kelompok menggunakan empat perlakuan dan lima ulangan. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah perubahan patologi anatomi pada kulit ikan komet. Skoring dilakukan untuk menentukan derajat kerusakan patologi anatomi kulit ikan komet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa infestasi ektoparasit Argulus japonicus jantan dan betina dapat mengakibatkan perubahan patologi anatomi pada ikan komet, tingkat kerusakan patologi anatomi ikan komet yang terjadi mengikuti derajat infestasi ektoparasit Argulus japonicus, perlakuan infestasi masing-masing Argulus japonicus jantan dan betina juga berpengaruh terhadap kerusakan patologi anatomi ikan komet, dan kondisi pemeliharaan ikan komet yang baik selama penelitian dapat meminimalkan pengaruh lain di luar pengaruh infestasi Argulus japonicus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.17/16 Mah p
Uncontrolled Keywords: Ikan Komet, Carassius auratus auratus, Argulus japonicus.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF456-458.83 Fishes. Aquariums
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
SELVI OKTORA MAHANANI, 140911051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKismiyati, Dr. , Ir., M.SiUNSPECIFIED
ContributorLaksmi Sulmartiwi, Dr., S.pi., M.PUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 21 Jan 2018 23:16
Last Modified: 02 May 2018 21:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69206
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item