PENERIMAAN TAYANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “INDONESIA BEBAS KUSTA” DI TELEVISI OLEH TENAGA KESEHATAN DI KABUPATEN MOJOKERTO

DIVA MAWAR WIDYAWATI R, 071311533104 (2017) PENERIMAAN TAYANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “INDONESIA BEBAS KUSTA” DI TELEVISI OLEH TENAGA KESEHATAN DI KABUPATEN MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.13 18 Wid p.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.13 18 Wid p.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.13 18 Wid p.pdf

Download (282kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerimaan tenaga kesehatan terhadap berbagai aspek periklanan dalam Iklan Layanan Masyarakat Indonesia Bebas Kusta. Penelitian ini menarik karena stigma negatif terhadap kusta yang terjadi di masyarakat. Stigma yang terjadi di masyarakat terjadi karena kurangnya informasi mengenai kusta yang dapat diperoleh masyarakat. Untuk itu diperlukan upaya sosialisasi yang tepat dan benar terhadap masyarakat, salah satunya adalah melalui Iklan Layanan Masyarakat di televisi sebagai media dalam memberikan informasi mengenai kusta. Selanjutnya tenaga kesehatan sebagai ujung tombak pemerintah dilapangan berkewajiban untuk mensosialisasikan informasi yang benar mengenai kusta terhadap masyarakat. Dengan metode reception analysis Stuart Hall, diharapkan peneliti dapat mengeksplorasi penerimaan tenaga kesehatan di desa Sumberglagah, Kabupaten Mojokerto terhadap iklan layanan masyarakat “Indonesia Bebas Kusta” melalui proses encoding dan decoding. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Iklan Layanan masyarakat di televisi sebagai media utama masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai kusta kurang tepat. Selain itu, aspek dalam periklanan layanan masyarakat khususnya kreatif audio visual dalam iklan layanan masyarakat ini seharusnya menjadi hal aspek hiburan dan menarik perhatian masyarakat, bukan menjadi hal yang utama dalam iklan layanan masyarakat. Karena tujuan dari adanya iklan layanan masyarakat adalah menyampaikan informasi. Informasi mengenai kusta yang ditampilkan seharusnya menyeluruh dan secara jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.13/18 Wid p
Uncontrolled Keywords: Penerimaan, Iklan Layanan Masyarakat, Tenaga Kesehatan, Kusta
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
DIVA MAWAR WIDYAWATI R, 071311533104UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLiestianingsih, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Jan 2018 02:46
Last Modified: 22 Jan 2018 02:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69249
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item