AIDA MOURITA, 151511313006 (2018) POLA KLASIFIKASI ARSIP SMP TAMANSISWA MOJOKERTO. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.
|
Text (ABSTRACT)
FV.TP.12 -18 Mou p-Abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FV.TP.12 -18 Mou p.pdf Restricted to Registered users only until 29 January 2021. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pola klasifikasi arsip dibuat dengan tujuan untuk memudahkan dalam proses pengelolaan arsip dan juga proses temu kembali arsip. Pola klasifikasi arsip dibuat agar dapat dijadikan pedoman dalam penyimpanan arsip, sehingga arsiparsip yang dimiliki suatu lembaga dapat tertata dan tersimpan dengan benar diruang arsip dan dapat mencegah terjadinya kehilangan dan kerusakan arsip. Pola klasifikasi yang telah dibuat tersebut, akan diimplementasikan pada pengelolaan arsip di SMP Tamansiswa Mojokerto. Tujuan dari pembuatan pola klasifikasi arsip untuk sekolah tersebut adalah karena belum adanya pola klasifikasi arsip yang digunakan sebagai pedoman dalam pengelolaan arsip di sekolah tersebut. Pada pembuatan pola klasifikasi arsip, tahap pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan pengamatan kondisi penyimpanan arsip dan pengumpulan data arsip-arsip yang dimiliki SMP Tamansiswa Mojokerto. Adapun arsip yang diambil adalah arsip-arsip periode 2013-2017 dengan total arsip kurang lebih 200 arsip. Selain pengumpulan data, dilakukan juga wawancara terhadap Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum dan beberapa staf tatausaha di sekolah tersebut. Wawancara dilakukan untuk mengetahui jenis-jenis arsip yang mungkin muncul dari fungsi-fungsi tiap struktur organisasi dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan sekolah tersebut baik dibidang akademik maupun non akademik. Setelah data-data yang dibutuhkan terkumpul, tahap berikutnya adalah dengan melakukan analisa terhadap visi dan misi sekolah dan menjabarkan fungsi dan tugas dari setiap bagian pada struktur organisasi. Hal tersebut perlu dilakukan karena subyek utama dalam klasifikasi arsip yang dibuat adalah berdasarkan dari penjabaran tugas pokok dan fungsi organisasi yang ada. Setelah menjabarkan fungsi dan tugas setiap bagian dalam struktur organisasi dan visi misi sekolah, dilakukanlah identifikasi jenis arsip persuratan yang didapatkan. Identifikasi dilakukan untuk mengetahui jenis surat, perihal, dan isi dari setiap surat untuk memudahkan dalam proses implementasi surat kedalam pola klasifikasi yang dibuat. Arsip-arsip surat tersebut pun dianalisa agar diketahui apakah surat tersebut termasuk dalam fungsi substantif atau fungsi fasilitatif. Kemudian, dilakukanlah pembuatan pola klasifikasi arsip dengan sistem subyek. Sistem subyek digunakan karena dirasa sesuai apabila digunakan untuk mengolah arsip disekolah tersebut. Sedangkan untuk pemberian kode arsip, menggunakan kombinasi huruf dan angka untuk membedakan arsip yang satu dengan arsip lainnya. Pola klasifikasi arsip yang dibuat pun, masih memungkinkan adanya penambahan subyek utama maupun subyek pendukung seiring perkembangan SMP Tamansiswa.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FV.TP 12/ 18 Mou p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | POLA KLASIFIKASI ARSIP | ||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science | ||||||
Divisions: | 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Teknisi Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs. Djuwarnik Djuwey | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2018 23:23 | ||||||
Last Modified: | 04 Feb 2018 23:55 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69337 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |