PENERAPAN MANAJEMEN PENGOLAHAN LIMBAH PENGALENGAN RAJUNGAN ( Portunus pelagicus ) DI PT. SUMBER MINA BAHARI REMBANG JAWA TENGAH

SRI WULANDARI, 141411131189 (2018) PENERAPAN MANAJEMEN PENGOLAHAN LIMBAH PENGALENGAN RAJUNGAN ( Portunus pelagicus ) DI PT. SUMBER MINA BAHARI REMBANG JAWA TENGAH. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP 03-18 Wul p ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP 03-18 Wul p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 29 January 2021.

Download (805kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengalengan rajungan merupakan produk tinggi protein, rendah lemak, dan produk makanan laut yang serbaguna.Limbah yang dihasilkan dari industri pengalengan rajungan membutuhkan penanganan dan pengolahan agar tidak berdampak negatif bagi lingkungan. Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) sangat penting dilaksanakan karena mahasiswa dapat mempelajari secara langsung tentang proses produksi pengalengan rajungan, penerapan manajemen pengolahan limbah, dan mengetahui permasalahan yang timbul dalam penerapan manajemen pengolahan limbah di PT. Sumber Mina Bahari Rembang, Jawa Tengah.Tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah untuk mengetahui penerapan manajemen pengolahan limbah pada pengalengan rajungan (Portunus pelagicus) di PT. Sumber Mina Bahari Rembang, Jawa Tengah. Menurut Saptadewi (2013), limbah yang dihasilkan dari produksi pengalengan rajungan adalah limbah padat dan limbah cair. Limbah padat berupa cangkang, kaleng rusak, dan pasir. Limbah cair berupa air sisa keperluan selama proses produksi, keperluan sanitasi, dan perebusan. Praktek Kerja Lapang (PKL) telah dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2017 sampai dengan 21 Februari 2017. Kegiatan dilaksanakan di PT. Sumber Mina Bahari, Jalan Raya Rembang-Tuban KM. 31, Desa Sumber Sari, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Limbah di PT Sumber Mina Bahari terdiri dari dua jenis yaitu limbah padat dan limbah cair. Limbah tersebut sudah dikelola dengan baik hal terebut dibuktikan dengan adanya surat kerja sama antara PT Sumber Mina Bahari dan pihak kebersihan kota Rembang dalam pengelolaan limbah padat. Sertifikat pengujian limbah cair juga menunjukkan kalau PT Sumber Mina Bahari memperhatikan kondisi lingkungan sekitar, namun fungsi manajemen seperti planning, organizing, actuating, controlling, dan evaluating belum dijalankan secara maksimal, hal tersebut dikarenakan tidak adanya devisi khusus dalam pengelolaan limbah di PT Sumber Mina Bahari.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP 03/18 Wul p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SRI WULANDARI, 141411131189UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHERU PRAMONO, S.Pi., M.Biotech.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 28 Jan 2018 23:36
Last Modified: 29 Jan 2018 22:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69340
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item