TEKNIK PEMBESARAN IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus x Ephinephelus lanceolatus) PADA BAK BETON DI APRI HATCHERY DESA PENYABANGAN, KECAMATAN GEROKGAK,KABUPATEN BULELENG, BALI

DHITA MAULIDA SAPUTRI, 141411133035 (2018) TEKNIK PEMBESARAN IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus x Ephinephelus lanceolatus) PADA BAK BETON DI APRI HATCHERY DESA PENYABANGAN, KECAMATAN GEROKGAK,KABUPATEN BULELENG, BALI. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP 07-18 Sap t ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP 07-18 Sap t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 29 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan Kerapu (Epinephelus sp.) merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai peluang baik di pasar domestik maupun pasar internasional karena nilai jualnya yang cukup tinggi. Usaha budidaya ikan kerapu merupakan komoditas andalan dalam peningkatan produksi marikultur Indonesia. Menurut Direktorat Jendral Usaha Perikanan (2014), total perdagangan ikan karang di Asia Tenggara adalah sekitar 30.000 ton per tahun dengan 15.000-21.000 ton diperkirakan di ekspor ke Hong Kong. Tingginya permintaan terhadap ikan kerapu menyebabkan nilai jual ikan ini meningkat. Oleh sebab itu untuk memenuhi permintaan pasar, proses pembesaran ikan kerapu perlu diperhatikan. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Apri Hatchery Buleleng, Bali pada tanggal 23 Januari 2017 sampai 23 Februari 2017. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang adalah metode deskriptif dengan cara melakukan pengamatan langsung, sehingga didapatkan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Pembesaran ikan kerapu cantang di Apri Hatchery menggunakan media bak beton. Hal yang perlu dipersiapkan selama proses pembesaran antara lain persiapan kolam, penebaran dan pengadaan benih, pemberian pakan, pengecekan kualitas air, pengendalian hama dan penyakit, serta pemanenan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses pembesaran ikan kerapu cantang adalah lokasi budidaya, kualitas air yang sesuai, kualitas benih, penebaran benih, manajemen pakan, pengendalian penyakit dan pemanenan. Hambatan selama kegiatan pembesaran ialah adanya serangan penyakit dan harga pasar yang menurun akibat hasil produksi melimpah serta seleksi komoditas ekspor saat ini sangat ketat dari segi kesehatan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP 07/18 Sap t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DHITA MAULIDA SAPUTRI, 141411133035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorADRIANA MONICA SAHIDU, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 29 Jan 2018 02:44
Last Modified: 29 Jan 2018 22:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69346
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item