ANALISIS MUTU FILLET IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus spp) DENGAN METODE PDCA (Plan Do Check Action) DI PT BAHARI BIRU NUSANTARA

VEROSA LEGITA FIRDAUSY, 141411131116 (2018) ANALISIS MUTU FILLET IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus spp) DENGAN METODE PDCA (Plan Do Check Action) DI PT BAHARI BIRU NUSANTARA. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP 16-18 Fir a ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP 16-18 Fir a LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 30 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fillet kakap merah adalah salah satu produk perikanan yang memiliki nilai jual yang tinggi, tetapi mudah mengalami kemunduran mutu. Industri pengolahan perikanan yang ingin bertahan harus dapat menghasilkan produk yang bermutu sesuai dengan kebutuhan konsumen. Konsistensi mutu produk yang dihasilkan harus sesuai dengan tuntutan kebutuhan konsumen, oleh karena itu perlu dilakukan pengendalian mutu. Salah satu solusi untuk menganalisis permasalahan tersebut yaitu dengan metode PDCA, dimana Perencanaan (Plan) melakukan pengamatan di unit pengolahan ikan dimulai dari awal pemeriksaan ikan sampai produk akhir. Perbaikan (Do) yang dilakukan adalah pengetatan pada saat pembelian ikan, penetapan alur proses dan ketelitian pada saat proses pengemasan. Pemeriksaan (Check) memeriksa kembali mutu fillet kakap merah. Standarisasi (Action) membuat standar yang tetap untuk sistem pemeriksaan ikan disaat pembelian ikan, dan waktu proses produksi di dalam unit pengolahan ikan (SOP di unit pengolahan ikan). Tujuan praktek kerja lapang ini untuk mengetahui dan mampu menerapkan proses produksi dengan benar di PT Bahari Biru Nusantara. Metode kerja yang digunakan adalah metode deskriptif observatif. Metode deskriptif observatif yaitu metode kerja dalam suatu pemecahan masalah dengan cara mendeskripsikan, menggambarkan dan menjelaskan situasi dan kondisi obyek pengamatan berdasarkan pengamatan dan fakta yang terjadi di lapangan. Pengambilan data primer dilakukan dengan cara observasi, partisipasi aktif dan wawancara. Pengambilan data sekunder dilakukan dengan cara studi pustaka. PT Bahari Biru Nusantara merupakan salah satu perusahaan yang mampu berkompetitif dan mampu melakukan proses produksi dengan benar, dilihat dari distribusi produk yang meningkat.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP 16/18 Fir a
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
VEROSA LEGITA FIRDAUSY, 141411131116UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEka Saputra, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 29 Jan 2018 20:39
Last Modified: 29 Jan 2018 21:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69366
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item