DINAMIKA FUNGSI KOMUNITAS MILANISTI SEZIONE SURABAYA DI KOTA SURABAYA (Fungsi Komunitas Milanisti Sezione Surabaya Bagi Anggotanya di Surabaya)

FAKTIA VITA ISNA S.R, 071117062 (2017) DINAMIKA FUNGSI KOMUNITAS MILANISTI SEZIONE SURABAYA DI KOTA SURABAYA (Fungsi Komunitas Milanisti Sezione Surabaya Bagi Anggotanya di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.03 18 Isn d.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.03 18 Isn d.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.03 18 Isn d.pdf

Download (42kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sepakbola dunia berkiblat ke benua Eropa, imbasnya adalah makin banyaknya tayangan televisi yang menyiarkan tayangan langsung Liga-liga di benua Biru. Hal ini memicu pengaruh yang luas di seluruh penjuru dunia, salah satunya adalah munculnya komunitas pendukung klub sepakbola. Hal ini didasari karena prestasi tim kebanggaan yang di dukung sedang terpuruk tetapi semangat untuk mendukung yang tidak hilang malah semakin tinggi antusiasnya dan menjadi wadah berinteraksi antar anggota. Studi ini dilakukan untuk mendiskripsikan bagaimana dinamika fungsi komunitas Milanisti Sezione Surabaya bagi anggota-anggotanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah dengan teknik Purposive. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah lima informan. Teknik analisis data secara kualitatif. Selama eksistensinya beberapa tahun belakangan ini, komunitas ini semakin hari semakin berkembang dan dinamis. Dinamika fungsi komunitas Milanisti Sezione Surabaya ini terlihat dari jumlah anggotanya yang semakin bertambah dari awal berdiri 200 menjadi 324, anggotanya membangun relasi terus berkembang dan dinamis tidak hanya urusan sepak bola. Milanisti Sezione Surabaya juga menjadi wadah para anggota untuk berbagi informasi tentang perkembangan tentang informasi terbaru terkait AC Milan dan mempunyai identitas kelompok dengan karakteristik khusus yaitu seragam kaos, kartu tanda anggota, topi, stiker, gantungan kunci dengan simbol Milanisti Sezione Surabaya. Dinamika fungsi tersebut puncaknya adalah Milanisti Sezione Surabaya menjadi media mendukung klub kebanggan hingga sekarang meskipun prestasi AC Milan menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.03/18 Isn d
Uncontrolled Keywords: Komunitas, Dinamika Fungsi, sepakbola, Milanisti Sezione Surabaya.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
FAKTIA VITA ISNA S.R, 071117062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Joko Sri Haryono, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Feb 2018 21:57
Last Modified: 05 Feb 2018 21:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69462
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item