DIMORFISME SEKSUAL BERDASARKAN UKURAN MESIODISTAL GIGI PADA SAMPEL ETNIS JAWA DAN TIONGHOA

LILIANA PUSPITASARI, 071311733090 (2017) DIMORFISME SEKSUAL BERDASARKAN UKURAN MESIODISTAL GIGI PADA SAMPEL ETNIS JAWA DAN TIONGHOA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.04 18 Pus d.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.04 18 Pus d.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.04 18 Pus d.pdf

Download (315kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan studi komparatif terhadap gigi-geligi manusia pada sampel etnis Jawa dan Tionghoa yang dapat menunjukkan dimorfisme seksual berdasarkan signifikansi perbedaan ukuran lebar mesiodistal gigi. Perbedaan ukuran mahkota gigi dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi perbedaan ukuran mesiodistal pada seluruh gigi kecuali molar dua dan molar tiga berdasarkan jenis kelamin, etnis, dan interaksi antar jenis kelamin dan etnis. Penelitian dilakukan di kota Surabaya. Peneliti melakukan pengukuran pada 100 model studi cetakan gigi yang terdiri dari 25 laki-laki Jawa, 25 laki-laki Tionghoa, 25 perempuan Jawa, dan 25 perempuan Tionghoa. Rentang usia sampel yang diteliti berusia 16 – 27 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstruktur, membuat model cetakan gigi, pengukuran menggunakan dental caliper, serta analisis data menggunakan MANOVA (Multivariat Analysis of Varians) melalui program aplikasi SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan ukuran mesiodistal yang signifikan dari faktor jenis kelamin pada incisor satu kanan atas, incisor satu kiri atas, incisor dua kanan atas, incisor dua kiri atas, incisor dua kiri bawah, canine kanan atas, canine kiri atas, canine kanan bawah, canine kiri bawah, molar satu kanan atas, molar satu kiri atas, molar satu kanan bawah, dan molar satu kiri bawah. Perbedaan signifikan ukuran mesiodistal dari faktor etnis ditemukan pada molar satu kanan bawah dan molar satu kiri bawah. Pada uji interaksi antara jenis kelamin dan etnis tidak ditemukan perbedaan yang signifikan pada ukuran mesiodistal gigi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.04/18 Pus d
Uncontrolled Keywords: mesiodistal, dimorfisme seksual, Jawa, Tionghoa.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ31-64 Sex instruction and sexual ethics
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
LILIANA PUSPITASARI, 071311733090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMyrtati Dyah Artaria, Prof., Dra., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Feb 2018 22:04
Last Modified: 05 Feb 2018 22:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69463
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item