FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS HIDUP LANJUT USIA (LANSIA) DI PANTI GRIYA WERDHA KOTA SURABAYA

DINA ANDESTY, 101511123007 (2018) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS HIDUP LANJUT USIA (LANSIA) DI PANTI GRIYA WERDHA KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak fkm 32 18.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FKM 32 18.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lanjut usia adalah seseorang yang berusia diatas 60 tahun. Penduduk yang memasuki usia lanjut semakin lama semakin meningkatkan jumlahnya dibanyak negara tidak terkecuali Indonesia. Peningkatan jumlah lansia terjadi akibat dari meningkatnya umur harapan hidup. Bertambahnya jumlah penduduk dan usia harapan hidup lansia akan menimbulkan berbagai masalah antara lain masalah kesehatan, psikologis, dan sosial ekonomi, dan hal ini dapat menyebabkan perubahan pada kualitas hidup lansia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup lansia di UPTD Griya Werdha kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua lansia di UPTD Griya Werdha Kota Surabaya. Besar sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 52 lansia. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Variabel independent dalam penelitian ini adalah usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status pernikahan, penyakit kronis dan hubungan sosial, sedangkan variabel dependent adalah kualitas hidup lansia. Pengambilan data menggunakan kuesioner WHOQOLOLD. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan (p=0,008), status pernikahan (p=0,036), penyakit kronis (p=0,019), dan status hubungan sosial (p=0,017) dengan kualitas hidup lansia dan terdapat hubungan yang tidak signifikan antara usia (p=0,525) dan jenis kelamin (p=0,982) dengan kualitas hidup lansia. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup lansia adalah tingkat pendidikan, status pernikahan, penyakit kronis, dan status hubungan sosial. Saran dari penelitian ini adalah meningkatkan produktifitas lansia di panti dan melakukan screening secara menyeluruh terhadap status kesehatan lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kkc kk fkm 32 18 and f
Uncontrolled Keywords: Kualitas hidup, Lansia, WHOQOL-OLD
Subjects: R Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DINA ANDESTY, 101511123007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorFariani Syahrul, Dr. , S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 06 Feb 2018 23:44
Last Modified: 21 Feb 2018 18:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69494
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item