BUDAYA BERPAKAIAN PRODUK INDIE CLOTHING MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA

ZAKYA NURDINI, 071311733082 (2017) BUDAYA BERPAKAIAN PRODUK INDIE CLOTHING MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.15 18 Nur b.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.15 18 Nur b.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.15 18 Nur b.pdf

Download (144kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti bahwa mahasiswa FISIP Universitas Airlangga sebagian besar mereka menggunakan pakaian produk yang bermerek indie clothing. Fenomena ini menarik untuk diteliti dengan rumusan masalah, faktor apa yang mempengaruhi perilaku mahasiswa FISIP Universitas Airlangga dalam memilih produk indie clothing dan bagaimana makna budaya berpakaian bagi mahasiswa FISIP Universitas Airlangga pada produk indie clothing. Metode penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam kepada informan 7 mahasiswa FISIP Universitas Airlangga. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Relasional tentang makna dari James P Spradley. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi mahasiswa FISIP Universitas Airlangga menggunakan produk indie clothing adalah sesuai selera model pakaian yang dinilai bagus oleh mahasiswa, bermerek, kualitas bahan bagus, dan harga yang terjangkau oleh daya beli mahasiswa. Pemaknaan budaya berpakaian bagi mahasiswa FISIP Universitas Airlangga untuk mendukung produk indie clothing sebagai produk dalam negeri dan menunjukkan identitas diri melalui pembentukan citra diri dan agar melekat kepercayaan diri dalam berpenampilan menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.15/18 Nur b
Uncontrolled Keywords: Makna, budaya berpakaian, poduk indie clothing, mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
ZAKYA NURDINI, 071311733082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Joko Sri Haryono, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Feb 2018 02:05
Last Modified: 07 Feb 2018 02:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69509
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item