PENYADARAN KRITIS PEREMPUAN DESA MELALUI SEKOLAH PEREMPUAN DI DESA KESAMBEN KULON, WRINGINANOM, KABUPATEN GRESIK

Windi Budi Lestari, 071411731014 (2017) PENYADARAN KRITIS PEREMPUAN DESA MELALUI SEKOLAH PEREMPUAN DI DESA KESAMBEN KULON, WRINGINANOM, KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.19 18 Les p.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.19 18 Les p.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.19 18 Les p.pdf

Download (106kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan penyadaran kritis perempuan desa melalui Sekolah Perempuan yang ada di Desa Kesamben Kulon, Wringinanom, Kabupaten Gresik. Sekolah Perempuan ada sejak tahun 2013 yang dinaungi oleh LSM KPS2K (Kelompok Perempuan dan Sumber-Sumber Kehidupan). Penyadaran kritis dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan perempuan desa. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam pada perempuan desa, serta subyek lainnya seperti staff KPS2K, perangkat desa, dan tokoh agama Kesamben Kulon. Dengan pendekatan posfeminisme peneliti memfokuskan pada pengalaman-pengalaman perempuan yang berbeda-beda terkait penyadaran kritis yang dialaminya melalui sekolah perempuan. Kemudian Kepentingan Gender dari Molyneux digunakan untuk menganalisis apakah dengan penyadaran kritis Sekolah Perempuan menjadi pemenuhan kepentingan gender praktis maupun strategis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yang pertama, bahwa proses penyadaran kritis perempuan desa dilakukan melalui pembelajaran dan kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah perempuan terkait adil gender dan kecakapan hidup yang adil gender. Kedua, penyadaran kritis yang dilakukan oleh gerakan perempuan KPS2K telah memenuhi kepentingan gender praktis maupun strategis. Kepentingan gender praktis melalui sekolah perempuan meliputi kemampuan baca dan tulis, bank sampah, pertanian organik, menjaga kesehatan reproduksi, dan keterampilan menari. Kepentingan gender strategis di sekolah perempuan meliputi meningkatkan daya tawar perempuan desa, kesertaan dalam pemantauan dan kepengurusan JKN PBI, serta advokasi pembangunan desa yang responsif gender.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.19/18 Les p
Uncontrolled Keywords: sekolah perempuan, perempuan desa, penyadaran kritis
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ799.5-799.9 Young men and women
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Windi Budi Lestari, 071411731014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPinky Saptandari, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 07 Feb 2018 02:41
Last Modified: 07 Feb 2018 02:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69513
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item