ANALISIS PENENTUAN SUPPLIER DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERRACHY PROCESS) PADA PT. PERDANA ANUGRAH PERSADA

STEPHANUS VIKI NARENDRA, 041511223049 (2017) ANALISIS PENENTUAN SUPPLIER DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERRACHY PROCESS) PADA PT. PERDANA ANUGRAH PERSADA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B. 30-18 Nar a ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B. 30-18 Nar a.pdf
Restricted to Registered users only until 8 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan bisnis di era globalisasi saat ini menimbulkan persaingan yang cukup ketat dan semakin kompetitif. Di era globalisasi saat ini, perusahaan dituntut untuk dapat meningkatkan kemampuan agar bersaing secara global. Persaingan tersebut mengharuskan perusahaan agar dapat mengembangkan kemampuannya dalam bidang supply chain dan berfokus pada inovasi dan kreativitas. Supply chain yang terkoordinasi dan terintegritas antara pemasok, pabrik, distributor dan pelanggan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan keunggulan dan meningkatan kemampuan bersaing. Beberapa masalah yang sering ditemui di perusahaan saat ini dalam hal penentuan supplier bagi perusahaan Tingginya tingkat persaingan juga mengharuskan perusahaan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerjanya dan memaksimalkan sumber daya yang dimiiliki. Hal itu tidak dapat lepas dari perbaikan dari sisi supplier sebagai penyedia sumber daya yang dibutuhkan perusahaan.Pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk dapat mendeskripsikan kegiatan kerja yang diterapkan oleh perusahaan dan penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi perusahaan dalam menentukan supplier kedelai yang merupakan penyedia kebutuhan dan sumber daya utama perusahaan dengan menggunakan AHP (Analytical Hierarchy Process) sehingga perusahaan dapat menentukan supplier yang tepat dan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa terdapat 4 kriteria yang dibutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan (Ketersediaan, Kualitas, Harga & Waktu pengiriman) dan dari hasil penelitian didapati bahwa kriteria kualitas memiliki nilai tertinggi bagi perusahaan dengan nilai sebesar 0.535, kemudian di ikuti dengan kriteria harga (0.178), waktu pengirimian (0.153) dan ketersediaan (0.134). Dari hasil penelitian juga didapati bahwa Amerika menempati posisi pertama sebagai supplier yang sesuai dengan kriteria perusahaan pada pembobotan global dengan mempertimbanghkan 4 (empat) kriteria secara keseluruhan dengan bobot 0.293.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 30-18 Nar a
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Supplier , Analytical Hierarchy Process
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
STEPHANUS VIKI NARENDRA, 041511223049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPuspandam Katias, Drs., MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 07 Feb 2018 17:00
Last Modified: 07 Feb 2018 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69518
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item