ANALISIS PERSEPSI IBU DENGAN STATUS GIZI ANAK PRASEKOLAH DI DESA SLENDRO KECAMATAN GESI KABUPATEN SRAGEN

DONA MUJI FITRIANA, 131511123034 (2017) ANALISIS PERSEPSI IBU DENGAN STATUS GIZI ANAK PRASEKOLAH DI DESA SLENDRO KECAMATAN GESI KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
FKP.N. 10 -18 Fit a-Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP.N. 10 -18 Fit a.pdf
Restricted to Registered users only until 8 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Status gizi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan pada masa kanak-kanak, khususnya pada masa prasekolah. Kekurangan gizi pada masa ini akan menyebabkan kerusakan yang irreversibel yang artinya tidak dapat dipulihkan saat dewasa. Peran ibu dalam pemenuhan status gizi anak prasekolah sangatlah penting. Persepsi ibu mempengaruhi niat dan perilaku ibu dalam pemenuhan kebutuhan gizi anak prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi ibu dengan status gizi anak prasekolah. Metode: Penelitian ini menggunakan desain analitik deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan yakni total sampling sebanyak 61 ibu wali murid yang memiliki anak usia prasekolah di Desa Slendro. Variabel independen adalah persepsi ibu dengan status gizi anak prasekolah. variabel dependen adalah status gizi anak prasekolah. pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner dan pengukuran antropometri (BB/TB). Data dianalisis menggunakan uji Sperman Rho (α≤0,05). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 59% ibu memiliki persepsi yang tinggi dan 41% ibu memiliki persepsi yang rendah terhadap status gizi anak prasekolah. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan (ρ = 0,029) dengan nilai koefisien korelasi (r = 0,280) antara persepsi ibu dengan status gizi anak prasekolah di Desa Slendro Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen. Diskusi dan kesimpulan: Persepsi ibu yang positif dapat menjadikan status gizi anak prasekolah baik. Rekomendasi untuk perawat diharapkan dapat melaksanakan promosi kesehatan secara rutin dan berkelanjutan untuk mempertahankan persepsi positif ibu mengenai status gizi pada anak prasekolah di Desa Slendro Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 10/ 18 Fit a
Uncontrolled Keywords: mother’s perception, nutrition status, preschool aged children
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
DONA MUJI FITRIANA, 131511123034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Ketut Alit Armini, S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 07 Feb 2018 17:46
Last Modified: 07 Feb 2018 17:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69523
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item