HUBUNGAN PEER GROUP DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU PROTEKTIF MEROKOK PADA REMAJA DI SMP “Z” SURABAYA

AULIA RAHMAWATI, 101511123034 (2018) HUBUNGAN PEER GROUP DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU PROTEKTIF MEROKOK PADA REMAJA DI SMP “Z” SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak fkm 35 18.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FKM 35 18.pdf
Restricted to Registered users only until 8 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peer group atau teman sebaya dapat menjadi faktor pelindung ataupun menjadi ancaman bagi remaja. Teman dapat menjadi ancaman apabila remaja berhubungan dengan teman-teman yang terlibat dalam masalah perilaku. Keluarga memiliki peran, tugas dan fungsi agar anggota didalam keluarga dapat berperilaku protektif dengan terhindar dari perilaku negatif seperti merokok Perilaku merokok remaja dapat dipengaruhi oleh peer group dan dukungan keluarga. Dukungan keluarga meliputi dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental dan dukungan informatif. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan peer group dan dukungan keluarga dengan perilaku protektif merokok pada remaja di SMP “Z” Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan desain studi crosssectional. Populasi penelitian adalah siswa-siswi SMP “Z” di Surabaya kelas IX. Sampel penelitian 65 responden. Subyek ditarik dari populasi dengan cara simple random sampling. Data dikumpulkan dengan kuisioner yang diisi sendiri oleh responden. Data di analisis menggunakan chi-square dengan tingkat kemaknaan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peer group memiliki hubungan dengan perilaku protektif ( . Dukungan emosional keluarga memiliki hubungan dengan perilaku protektif ( . Dukungan penghargaan keluarga memiliki memiliki hubungan dengan perilaku protektif ( . Dukungan instrumental keluarga memiliki memiliki hubungan dengan perilaku protektif ( .Dukungan informatif keluarga memiliki memiliki hubungan dengan perilaku protektif ( . Kesimpulan dalam penelitian ini adaah variabel peer group dan dukungan keluarga berhubungan dengan perilaku protektif merokok remaja. Saran penelitian yaitu pihak sekolah sebagai lingkungan kedua, perlu menciptakan lingkungan sekolah yang disiplin. Saat tidak terdapat jam pelajaran, siswa sebaiknya di arahkan ke perpustakaan atau kegiatan lain yang bermanfaat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK fkm 35 18 Rah h
Uncontrolled Keywords: peer group, dukungan keluarga, perilaku protektif
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AULIA RAHMAWATI, 101511123034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. Bagus Qomaruddin, Dr, Drs., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 07 Feb 2018 18:03
Last Modified: 21 Feb 2018 18:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69524
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item