FUNGSI PERWAKILAN REPUBLIK INDONESIA DALAM PERLINDUNGAN WARGA NEGARA INDONESIA TERHADAP PERDAGANGAN ORANG DI TAIWAN

ANGGRAENI KESUMA NASTITI SAMPURNA, 031411131094 (2018) FUNGSI PERWAKILAN REPUBLIK INDONESIA DALAM PERLINDUNGAN WARGA NEGARA INDONESIA TERHADAP PERDAGANGAN ORANG DI TAIWAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengkaji fungsi perwakilan Republik Indonesia dalam melaksanakan fungsi perlindungan WNI, dan untuk mengetahui pelaksanaan fungsi perlindungan terhadap WNI yang dilakukan oleh perwakilan Republik Indonesia di Taiwan, terutama terkait dengan perdagangan orang. Penelitian hukum ini dilakukan dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual yang relevan. Indonesia tidak mengakui Taiwan sebagai negara karena adanya kebijakan One China Policy, sehingga Indonesia dan Taiwan tidak menempatkan perwakilan negara berupa kedutaan maupun konsulat, melainkan berupa kantor perdagangan dan ekonomi di wilayah satu sama lain. Selain itu, Taiwan merupakan wilayah yang memiliki riwayat jumlah kasus perdagangan orang yang cukup tinggi dan jumlah WNI yang berada di Taiwan juga tinggi. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian hukum ini adalah bahwa fungsi perlindungan WNI merupakan salah satu dari fungsi utama perwakilan Republik Indonesia di luar negeri. Fungsi perlindungan tersebut termasuk perlindungan terhadap perdagangan orang yang memiliki prosedur khusus, dan dilaksanakan oleh semua bentuk perwakilan Republik Indonesia di luar negeri termasuk Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei. Perlindungan terhadap perdagangan orang di Taiwan dilakukan mulai dari prakeberangkatan hingga kembalinya WNI ke daerah asal dengan bekerjasama dengan semua instansi terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 60/18 Sam f
Uncontrolled Keywords: perwakilan negara, Taiwan, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, perdagangan orang, perlindungan warga negara
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
ANGGRAENI KESUMA NASTITI SAMPURNA, 031411131094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLina Hastuti, Dr.,S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2018 19:05
Last Modified: 08 Feb 2018 19:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69570
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item