PEMBANGUNAN EKONOMI INFORMASI DI INDIA DAN PERAN DIASPORA: MATA RANTAI YANG HILANG?

REZA AKBAR FELAYATI, 071311233075 (2017) PEMBANGUNAN EKONOMI INFORMASI DI INDIA DAN PERAN DIASPORA: MATA RANTAI YANG HILANG? Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.HI.10 18 Fel p.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.HI.10 18 Fel p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 February 2021.

Download (777kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.HI.10 18 Fel p.pdf

Download (465kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagaimana layaknya negara berkembang pada umumnya, India merupakan negara yang di awal kemunculannya mendasarkan pembangunan pada perekonomian yang bercorak agrikultur. Hal ini terlihat dari bagaimana India sepanjang dekade 1960an baru memulai pembangunan ekonomi informasinya. Yang menarik, di akhir dekade 1980an hingga tahun 1990, perekonomian India tidak lagi didominasi oleh sektor agrikultur, namun adalah sektor jasa yang memberikan kontribusi terbesar di dalam PDB India. Tidak hanya sekedar sektor jasa, tetapi sektor TI dalam wujud produksi, ekspor perangkat lunak, dan jasa yang berkaitan dengan dengan komputer dan TI yang dominan di dalam perekonomian India. Sebagai negara berkembang yang baru memulai revolusi agrikultur, India dihadapkan kepada masalah ketidaktersediaan human capital yang memadai untuk mencapai tingkat ekonomi yang modern, serta terhambatnya sektor industri dan manufaktur akibat kebijakan pemerintah yang regulatif. Tetapi melihat situasi tersebut, pada kenyataannya India telah mencapai tahap sebagai apa yang disebut sebagai ekonomi informasi, yang merupakan corak ekonomi khas negara-negara maju. Menggunakan pendekatan peran diaspora sebagai aktor pembangunan negara, penulis memiliki tesis bahwa keberhasilan India dalam mengatasi problem kebutuhan human capital berhubungan dengan kesuksesan mereka dalam memanfaatkan diaspora yang berperan sebagai inisiator transfer teknologi dan pengetahuan, tambahan jumlah human capital, dan jembatan transnasional antara perusahaan multinasional dan negara-negara maju dengan India. Dengan kata lain, diaspora merupakan mata rantai yang memungkinkan India untuk meloncat menuju tahap ekonomi informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.10/18 Fel p
Uncontrolled Keywords: India, Ekonomi Informasi, Diaspora, Human Capital
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ3674-3875 State territory and its parts > JZ3685 Boundaries
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5587-6009 International security. Disarmament. Global survival
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
REZA AKBAR FELAYATI, 071311233075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJoko Susanto, S.IP., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Feb 2018 22:26
Last Modified: 08 Feb 2018 22:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69575
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item