PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMBELI BENTUK BISNIS “BUSINESS OPPORTUNITY VENTURES

ASTRID AMIDIAPUTRI HASYYATI, 031411133028 (2018) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMBELI BENTUK BISNIS “BUSINESS OPPORTUNITY VENTURES. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman dan peningkatan jumlah penduduk, tentunya kebutuhan perekonomian juga meningkat. Tingkat pengangguran di Indonesia yang belum dapat teratasi sepenuhnya membuat masyarakat mencari alternatif untuk tetap bertahan dengan kehidupan. Pilihan untuk menjadi wiraswasta atau pengusaha telah menjamur di masyarakat. Mengikuti adanya arus globalisasi, pola-pola bisnis baru hadir dan menawarkan teknologi bisnis yang menjanjikan adanya peluang besar. Hadirnya pola-pola bisnis tersebut diikuti dengan perkembangan jenis-jenis perjanjian yang lahir dari hubungan para pihak yang terlibat dalam kegiatan bisnis tersebut. Perjanjian komersil yang telah hadir dan berkembang di masyarakat seperti perjanjian lisensi, waralaba, keagenan, dan distribusi. Terkait dengan kebutuhan dan animo masyarakat untuk dapat berwirausaha maka mencari usaha yang tepat dan lebih mudah menjadi alternatif. Berkembang dari Amerika Serikat bentuk bisnis Business Opportunity Ventures hadir memberikan penawaran yang menjanjikan kepada masyarakat. Namun pemahaman mengenai bentuk bisnis ini dan perlindungan hukum yang seharusnya diberikan, di Indonesia belum sepenuhnya sesuai dengan apa yang memang ditawarkan seperti dari negara asalnya. Tidak adanya landasan hukum yang secara khusus mengatur mengenai perjanjian tersebut tidak berarti Business Opportunity Ventures tidak dapat dijadikan alternatif berwirausaha. Kurangnya pemahaman mengenai bentuk bisnis ini, maka bentuk bisnis ini sarat akan penipuan dan/atau ketidakadilan dalam berbisnis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 77/18 Has p
Uncontrolled Keywords: Consumer Protection, Business Opportunity Ventures, Legal Certainty
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
ASTRID AMIDIAPUTRI HASYYATI, 031411133028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKOESRIANTI, S.D., LL.M., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2018 00:14
Last Modified: 12 Feb 2018 00:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69636
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item