PERBEDAAN ANTARA KONTRAK KOMERSIAL DAN KONTRAK KONSUMEN

Marsella Tridarani, 031411131152 (2018) PERBEDAAN ANTARA KONTRAK KOMERSIAL DAN KONTRAK KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Dalam teori hukum bisnis yang berkembang sekarang ini, hubungan kontrak bisnis mengenal adanya beberapa istilah penggolongan jenis kontrak, dua diantaranya yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah kontrak komersial dan kontrak konsumen. Kontrak komersial dan kontrak konsumen memiliki perbedaan yang mendasar yang mana pihak konsumen dalam kontrak konsumen dilindungi oleh Undang-Undang No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Untuk membedakan lebih dalam antara kontrak komersial dan kontrak konsumen perlu diketahui apa saja karakteristik dan perkembangan prinsip kontrak komersial dan kontrak konsumen, selain itu perlu juga diketahui bentuk tanggung gugat yang diberikan dalam kedua kontrak tersebut. Perkembangan hukum dalam kontrak komersial dan kontrak konsumen memiliki perbedaan dalam prinsip-prinsip, pengaturan dan ruang lingkup. Bentuk tanggung gugat dalam kontrak komersial dan kontrak konsumen dapat dilakukan melalui jalur litigasi dan non litigasi, akan tetapi terdapat perbedaan yang terletak pada pengajuan gugatan dan fasilitisa penyelesaian non litigasi melalu BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 83/18 Tri p
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, Kontrak, Komersial, Konsumen, Perlindungan Konsumen.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Marsella Tridarani, 031411131152UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFaizal Kurniawan, , S.H., M.H., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:20
Last Modified: 12 Feb 2018 01:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69646
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item