PENGGUNAAN SEPEDA MOTOR SEBAGAI ALAT ANGKUT BARANG DALAM LAYANAN GRAB EXPRESS DITINJAU DARI HUKUM PENGANGKUTAN

DINA KUSUMA RATIH, 031411133036 (2018) PENGGUNAAN SEPEDA MOTOR SEBAGAI ALAT ANGKUT BARANG DALAM LAYANAN GRAB EXPRESS DITINJAU DARI HUKUM PENGANGKUTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

Permintaan atas jasa pengiriman barang di Indonesia sangatlah besar. Melalui jasa ini, suatu barang dapat dengan mudah berpindah dari suatu lokasi ke lokasi yang lain dan dapat dimaanfaatkan sehingga barang tersebut memiliki nilai yang lebih. Jasa pengiriman barang tidak lepas dari peran kendaraan bermotor yang digunakan sebagai alat angkut. Jika dilihat dari klasifikasi jenisnya, kendaraan bermotor terdiri dari sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang, mobil bis dan kendaraan khusus. Pada peraturan terkait menyatakan bahwa jasa pengiriman barang wajib dilaksanakan menggunakan mobil barang. Namun dalam prakteknya sering kali dijumpai bahwa pengiriman barang dilakukan menggunakan alat angkut lain, yaitu sepeda motor. Penggunaan sepeda motor dinilai lebih efektif dan efisien sebab dapat menjangkau wilayah terpencil sekalipun. Penggunaan sepeda motor sebagai alat angkutbarang juga digunakan pada layanan Grab Express. Layanan Grab Express menggunakan sepeda motor sebagai satu-satunya alat angkut untuk melakukan pengiriman barang. Tak jarang penggunaan sepeda motor ini justru membuat pengiriman barang menjadi tidak aman karena adanya faktor-faktor yang tidak dapat dihindari. Namun inilah yang membedakan layanan Grab Express dengan layanan sejenisnya. Grab Express memiliki ketentuan dan mekanisme tersendiri dalam melakukan pengiriman barang tersebut. Serta memberikan sebuah pertanggungan asuransi hingga maksimal sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) sebagai bentuk pertanggungjawabannya terhadap konsumen Grab Express.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 87/18 Rat p
Uncontrolled Keywords: Pengiriman Barang, Sepeda Motor, Grab Express, Pertanggungjawaban, Asuransi
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
DINA KUSUMA RATIH, 031411133036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHilda yunita S, S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:38
Last Modified: 12 Feb 2018 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69652
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item