KARTEL HARGA YANG DILAKUKAN OLEH PT INDOSAT OOREDOO DAN PT XL AXIATA

MAURENT NAULINA, 031411131079 (2018) KARTEL HARGA YANG DILAKUKAN OLEH PT INDOSAT OOREDOO DAN PT XL AXIATA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan persaingan usaha di dalam industri telekomunikasi Indonesia mendorong para pelaku usaha yang saling bersaing untuk tetap mendapat keuntungan semaksimal mungkin dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan bekerjasama. Salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah perjanjian kartel. Pada tahun 2016, Forum Masyarakat Peduli Telekomunikasi Indonesia (FMPTI) melaporkan PT Indosat Ooredoo dan PT XL Axiata atas pembentukan perusahaan joint venture keduanya, PT One Indonesia Synergy, yang dikhawatirkan dapat menimbulkan kartel. Selain dugaan akan terciptanya kartel, KPPU menemukan indikasi adanya price fixing berdasarkan tarif program layanan panggilan off-net kedua perusahaan tersebut. KPPU sebagai otoritas pengawas persaingan usaha memiliki kewenangan dalam melakukan penyelidikan dugaan tersebut dengan memperhatikan indikator-indikator awal kartel. Penelitian ini menganalisis indikator-indikator awal kartel dan price fixing serta analisis mengenai pembuktian kedua perjanjian tersebut dengan menggunakan pendekatan yuridis yang terdiri atas rule of reason dan per se illegal, serta didukung dengan pendekatan ekonomi untuk mengetahui indikasi pelanggaran tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 89/18 Nau k
Uncontrolled Keywords: Indikator Awal, Kartel, Price Fixing, Pendekatan Yuridis, Pendekatan Ekonomi
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
MAURENT NAULINA, 031411131079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorL. BUDI KAGRAMANTO, Prof. Dr., S.H.. M.H., M.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:47
Last Modified: 12 Feb 2018 01:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69655
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item