HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PERILAKU PERAWAT DALAM KETEPATAN PEMBERIAN OBATDI RUANG RAWAT INAP BEDAH TERATAI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA

Dwi Indah Kurniawati, 131511123038 (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PERILAKU PERAWAT DALAM KETEPATAN PEMBERIAN OBATDI RUANG RAWAT INAP BEDAH TERATAI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
FKP.N. 27 -18 Kur h-Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP.N. 27 -18 Kur h.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Mutu pelayanan keperawatan yang sesuai standar, diterapkan oleh rumah sakit mengacu pada keselamatan pasien (patient safety) salah satunya medical error. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pengetahuan dan dukungan sosial dengan perilaku perawat dalam ketepatan pemberian obat di Ruang Rawat Inap Bedah Teratai RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Metode: Desain pada penelitian ini adalah descriptive analytic dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap Bedah Teratai yang berjumlah 10 orang, dengan metode purposive sampling. Variabel independennya adalah pengetahuan dan dukungan sosial, sedangkan dependennya adalah perilaku perawat dalam ketepatan pemberian obat. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji Spearman rho dengan tingkat signifikansi p < 0,05 (5%). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa p value 0,005 (pengetahuan) dan dukungan sosial (0,024). Karena p value < p maka terdapat hubungan pengetahuan dan dukungan sosial dengan perilaku perawat dalam ketepatan pemberian obat. Saran: Dukungan sosial harus lebih ditekankan lagi dengan mengadakan pengawasan secara kontinue oleh pimpinan, karena nilai r 0,701 dalam hubungan dukungan sosial dengan perilaku perawat dalam ketepatan pemberian obat masih dibawah dari nilai r dari pengetahuan dengan perilaku perawat dalam ketepatan pemberian obat di ruang Rawat Inap Bedah Teratai RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 27/18 Kur h
Uncontrolled Keywords: knowledge, social support, behavior, drug delivery.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS200-201 Pharmaceutical dosage forms
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dwi Indah Kurniawati, 131511123038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorErna Dwi Wahyuni, S.Kep., Ns., M.Kep.,UNSPECIFIED
ContributorAndri Setiya Wahyudi, nS.Kep., Ns., M.Kep.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 12 Feb 2018 16:41
Last Modified: 12 Feb 2018 16:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69664
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item