ANALISIS EKSPLORATIF FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PENURUNAN TINGKAT PENCAPAIAN PENJUALAN AUTHORIZED DEALER DARI PT. XYZ (STUDI PADA DEALER A SEKTOR PEMERINTAHAN AREA JAWA TIMUR)

NISA DWI OCTAVIANI, 041424353023 (2018) ANALISIS EKSPLORATIF FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PENURUNAN TINGKAT PENCAPAIAN PENJUALAN AUTHORIZED DEALER DARI PT. XYZ (STUDI PADA DEALER A SEKTOR PEMERINTAHAN AREA JAWA TIMUR). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

Dealer A merupakan salah satu dealer dari PT. XYZ yang melakukan aktivitas penjualan dalam pasar sektor pemerintahan. Dalam proses penjualannya dealer A merupakan to leader dan selalu mendapatkan angka penjualan tertinggi dibandingkan dengan 2 dealer lainnya di area Jawa Timur. Namun pencapaian penjualan selama 5 tahun terakhir menunjukkan tren menurun dimulai dari tahun 2015 dan masih berlanjut sampai tahun 2017. Penelitian ini menganalisis secara eksploratif mengenai faktor-faktor apa saja yang menyebabkan penurunan pencapaian dealer A PT. XYZ sektor pemerintahan area Jawa Timur, Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan menggunakan wawancara dan Focus Group Discussion (FGD) sebagai triangulasi data. Elemen-elemen yang menjadi pedoman untuk wawancara adalah elemen harga, produk, promosi, distribusi, dan pelayanan yang kemudian akan disimpulkan dengan diagram Fishbone Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa terdapat beberapa menjadi faktor-faktor penurunan penjualan diantaranya dari segi harga produk, komponen, dan biaya kirim yang masih mahal, dari segi produk masih ditemukan beberapa kendala seperti lampu mati saat dipasang, dari segi promosi masih perlu dilakukan promosi yang lebih bervariasi, dari proses distribusi masih diperlukan evaluasi dan pengembangan agar jalur distribusi menjadi lebih baik. Pelayanan masih membutuhkan pengembangan agar lebih baik, dan segi pelayanan masih diperlukan peningkatan keterampilan dari tenaga pelayan pada bagian teknis dan bagian pelayanan purna jual. Dengan adanya berbagai faktor yang ditemukan diharapkan dapat mempermudah untuk mermuskan rancangan perbaikan agar dealer mampu bersaing dan menjadi top leader kembali.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 08/18 Oct a
Uncontrolled Keywords: Dealer, Marketing mix, Diagram Fishbone, B2G
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
NISA DWI OCTAVIANI, 041424353023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTanti Handriana, Dr.,SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2018 21:48
Last Modified: 12 Feb 2018 21:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69693
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item