STRATEGI RETENSI KARYAWAN CRITICAL POSITION (STUDI : PERUSAHAAN OPERATION AND MAINTENANCE PT. X)

NUR AINI RACHMAWATI, 041524353021 (2018) STRATEGI RETENSI KARYAWAN CRITICAL POSITION (STUDI : PERUSAHAAN OPERATION AND MAINTENANCE PT. X). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi retensi karyawan yang diimplementasikan di PT. X pada critical position. Peneliti memilih karyawan critical position sebagai obyek penelitian dimana karyawan tersebut berada pada level supervisor yang bekerja di bidang inti bisnis PT. X, dimana jika semakin banyak karyawan memutuskan keluar dari perusahaan dapat menyebabkan terganggunya proses bisnis PT. X untuk memiliki keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara secara mendalam yang menggunakan pedoman pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya mengenai strategi retensi karyawan. Metode wawancara dilakukan kepada 7 (tujuh) informan kunci yaitu sebanyak 4 (empat) karyawan critical position yang telah keluar dari PT. X, 2 (dua) Manajer/atasan langsung karyawan di unit, dan seorang Manajer HRD PT. X. Pemilihan empat karyawan critical position untuk merepresentasikan karyawan-karyawan critical position yang keluar dari tiap unit kerja PT. X dimana saat ini terdapat empat unit kerja PT. X di pulau Jawa. Pemilihan dua manajer untuk merepresentasikan manajer/atasan langsung di unit dari dua lokasi unit kerja PT. X di Jawa Barat- Tengah dan Jawa Timur. Dari hasil interview, didapatkan hasil bahwa retensi terkait kesempatan karir dimana karyawan merasakan terbatasnya kesempatan karir yang ada di PT. X dan adanya peraturan perusahaan terkait karyawan yang mendapatkan promosi harus bersedia ditempatkan di seluruh lokasi unit kerja PT. X di seluruh Indonesia. Selain itu, hasil bahwa retensi terkait kompensasi yang dirasakan kurang oleh karyawan critical position dimana besaran kompensasi yang diberikan perusahaan dinilai kurang menghargai posisi jabatan serta kompetensi yang dimiliki karyawan critical position.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 15/18 Rac s
Uncontrolled Keywords: Retensi, Karyawan, Critical position, Operation and maintenance, PT.X
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
NUR AINI RACHMAWATI, 041524353021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPraptini Yulianti, Dr.,MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2018 22:25
Last Modified: 12 Feb 2018 22:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69697
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item