ANALISA POSITIONING PUPUK NPK PHONSKA PLUS DAN PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DI KIOS PENGECER (Studi Kasus di Kios Pengecer Provinsi Jawa Barat)

KRISHNA PADJA KURNIAWAN, 041514353001 (2018) ANALISA POSITIONING PUPUK NPK PHONSKA PLUS DAN PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DI KIOS PENGECER (Studi Kasus di Kios Pengecer Provinsi Jawa Barat). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

Industri pupuk nasional sebagai industri strategis mendapatkan dukungan dari pemerintah berupa pemberian subsidi pupuk kepada produsen pupuk. Namun demikian, wacana pencabutan ataupun pengalihan subsidi pupuk yang mulai ditandai dengan menurunnya subsidi pupuk menunjukkan bahwa Petrokimia Gresik sebagai salah satu produsen pupuk harus melakukan upaya untuk mencari sumber pendapatan selain dari subsidi pupuk, yaitu penjualan produk-produk non subsidi. Dalam hal ini, penjualan pupuk non subsidi yang dilakukan kepada konsumen retail, belum mendapatkan perhatian khusus walaupun memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Sebagai produk yang baru diluncurkan, NPK Phonska Plus memiliki pesaing yang sudah lebih dahulu dijual di berbagai kios pengecer, oleh karena itu perlu dilakukan analisa positioning produk NPK setelah produk ini diluncurkan untuk mengevaluasi bagaimana penerimaan konsumen selama produk diluncurkan hingga saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan eksploratif menggunakan metode kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di propinsi Jawa Barat, untuk 5 Kabupaten yaitu Cianjur, Indramayu, Karawang, Majalengka dan Subang. Responden penelitian ini adalah kios pengecer yang menjual pupuk NPK non subsidi. Penelitian ini menggunakan alat analisa Multidimensional Scalling (MDS) sebagai alat untuk menentukan posisi produk diantara pesaing yang ada berdasarkan beberapa variabel. Selain itu, penelitian dikonfirmasikan kepada para narasumber untuk menentukan strategi umum yang akan disusun sebagai strategi pemasaran Hasil penelitian ini adalah perceptual map antara masing-masing pupuk dengan variabel-variabel yang diukur. Bagi responden, Phonska Plus diposisikan sebagai pupuk dengan kedekatan posisi pada variabel harga dan kemudahan pembayaran. Berdasarkan kondisi tersebut, disusun strategi pemasaran berdasarkan konsep marketing mix untuk dapat diimplementasikan pada produk dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 17/18 Kur a
Uncontrolled Keywords: Analisa Positioning, Multidimensional Scaling, Strategi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KRISHNA PADJA KURNIAWAN, 041514353001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Hartini, Dr.,SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2018 22:48
Last Modified: 12 Feb 2018 22:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69700
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item