PENGARUH PELATIHAN TENTANG TUBERKULOSIS ANAK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERAN DOKTER PRAKTIK MANDIRI DALAM PENGENDALIAN TUBERKULOSIS ANAK (Studi Di Wilayah Kota Surabaya)

SYAFI'ATUR ROSYIDAH, 101511123048 (2018) PENGARUH PELATIHAN TENTANG TUBERKULOSIS ANAK TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERAN DOKTER PRAKTIK MANDIRI DALAM PENGENDALIAN TUBERKULOSIS ANAK (Studi Di Wilayah Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak fkm 47 18-.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fkm 47 18.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

TB anak dideklarasikan sebagai fokus utama pengendalian TB sejak tahun 2012. Hingga 2017 kasus TB anak yang ditemukan di Kota Surabaya masih kurang dari yang diperkirakan yaitu 8-15% dari seluruh kasus TB. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pengaruh pelatihan “Optimalisasi peran DPM dalam penemuan kasus TB anak di Kota Surabaya” terhadap tingkat pengetahuan Dokter Praktik Mandiri tentang TB anak dan peran DPM dalam pengendalian TB anak. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimental, dengan populasi DPM yang berada di wilayah Kota Surabaya Utara dan Timur. Sampel dalam penelitian ini sebesar 54 responden pada kelompok intervensi dan 54 responden pada kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Pengumpulan data primer melalui kuesioner dan formulir penemuan kasus TB anak. Tingkat pengetahuan DPM sebelum mendapatkan pelatihan 77.8% tingkat pengetahuan sedang, 9,3% tinggi, setelah mendapatkan pelatihan 61.1% tinggi, 37% sedang, 1.9% rendah. 5,6% DPM yang tidak mendapatkan pelatihan melaksanakan peran dalam pengendalian TB anak, 22,2% DPM yang mendapatkan pelatihan melaksanakan peran dalam pengendalian TB anak. Hasil uji statistik bivariat menunjukkan terdapat pengaruh pelatihan terhadap pengetahuan DPM (p= 0,000), dan peran DPM dalam pengendalian TB anak (p = 0.02). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh pelatihan “Optimalisasi peran DPM dalam penemuan terduga TB anak di Kota Surabaya Tahun 2017” terhadap pengetahuan DPM tentang TB anak dan peran DPM dalam pengendalian TB anak. Saran dari penelitian ini adalah Dinas Kesehatan Kota Surabaya agar mengoptimalkan pelatihan – pelatihan tentang TB anak dan strategi DOTS kepada kalangan Dokter Praktik Mandiri yang ada di Kota Surabaya untuk mengoptimalkan pengendalian TB anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK fkm 47 18 Ros p
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Pengetahuan, Peran, TB Anak
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SYAFI'ATUR ROSYIDAH, 101511123048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChatarina Umbul W., Prof. Dr, dr., M.S., M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 13 Feb 2018 22:53
Last Modified: 26 Feb 2018 18:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69730
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item