EKSPLORASI FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB PENURUNAN PENJUALAN PRODUK YOUTH GIRL (Studi Pada Matahari Dept. Store Plasa Surabaya)

ALFAUZI, 041414353025 (2018) EKSPLORASI FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB PENURUNAN PENJUALAN PRODUK YOUTH GIRL (Studi Pada Matahari Dept. Store Plasa Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan bisnis ritel saat ini mengalami persaingan yang sangat ketat. Masuknya peritel-peritel asing dan maraknya toko-toko online menjadikan tantangan tersendiri bagi Matahari Dept Store. Meskipun pertumbuhan sales masih terus mengalami pertumbuhan, namun terlihat terjadinya perlambatan pertumbuhan dalam kurun 4 tahun terakhir. Hal ini diteliti lebih dalam lagi di salah satu gerai Matahari di Surabaya yaitu Matahari Dept Store Plasa Surabaya, juga menunjukkan adanya perlambatan pertumbuhan sales. Dari 10 jenis kategori produk yang ditawarkan di gerai MDS, ditemukan salah satu kategori produk yaitu produk youth girl mengalami pertumbuhan sales yang minus. Berangkat dari permasalahan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor apa saja yang menyebabkan menurunnya produk youth girl di MDS Plasa Surabaya. Pendekatan penelitain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan berasal dari hasil wawancara dari pelanggan, karyawan dan juga manajemen MDS Plasa Surabaya. Fokus Group Discussion juga dilakukan untuk memperdalam analisa penyebab menurunnya penjualan. Analisa dilakukan dengan menggunakan fishbone diagram, dan divalidasi dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa faktor-faktor yang menjadi penyebab menurunnya penjualan produk youth girl di MDS Plasa Surabaya disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Adapun penyebab dari faktor-faktor internal meliputi : 1) sirkulasi toko yang padat, 2) promosi yang tidak fokus/tumpang tindih, 3) size kurang lengkap, 4) siklus promosi sudah terbaca oleh customer, 5) program-program promosi dari divisi online MatahariStore.Com di gerai-gerai offline semakin mendorong terjadinya shifting transaksi ke online, 6) Product knowledge SPG dianggap masih rendah, 7) antrian kasir dan fasilitas eskalator sering macet. Sedangkan penyebab dari faktor-faktor eksternal yaitu : 1) tersedia produk-produk yang sama di online shop, 2) account-account online shop berbasis media sosial yang menampilkan produk-produk Matahari, 3) adanya perubahan pola belanja customer remaja ke online, dan 4) hadirnya mall-mall baru dengan fasilitas hiburan dan entertainment yang lebih lengkap di Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 30/18 Alf e
Uncontrolled Keywords: ritel dept. store, fishbone, online shop
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ALFAUZI, 041414353025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorGancar Candra P, Dr.,SE.,MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:46
Last Modified: 14 Feb 2018 02:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69784
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item