FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PENGGUNAAN LAYANAN SITUS SURVEI ONLINE

ISMAIL EKI PERMANA, 041514353041 (2018) FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PENGGUNAAN LAYANAN SITUS SURVEI ONLINE. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 15 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

Dampak pertumbuhan penggunaan internet ini terjadi tidak saja pada cara manusia berkomunikasi namun juga telah menuntun kepada cara-cara baru berhubungan secara pribadi, kelompok, dan sosial. Cara-cara baru ini juga muncul pada dunia penelitian terutama yang menggunakan kuesioner. Penelitian yang dahulu dilakukan secara konvensional melalui penyebaran kuesioner secara hard copy, saat ini mulai bergeser dengan menggunakan online survey yang tautannya dapat disebar melalui media sosial, ataupun melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line, dan Blackberry Messenger. Situs yang jamak digunakan utnuk membuat kuesioner secara online adalah Google forms, layanan yang disediakan secara gratis oleh Google. Pergeseran perilaku ini dilihat sebagai sebuah peluang bisnis oleh beberapa orang. Jakpat.net, NusaResearch.net, Responden.net dan KataAnda.com merupakan beberapa situs yang menggeluti industri online survei. Seluruh situs ini menawarkan konsep yang sama dalam menjalankan bisnisnya, yaitu sebagai marketplace yang mempertemukan antara peneliti dengan responden. Salah satu model yang dapat digunakan untuk mengetahui penerimaan penggunaan teknologi adalah CAT (Consumer Acceptance of Technology) yang dikemukakan oleh Kulviwat et al. (2007). CAT dipilih karena dalam model ini penerimaan teknologi dianalisa dan dipahami tidak hanya dari sudut pandang kognitif saja, namun juga dari sudut pandang afektif. Pada penelitian ini juga menggabungkan konsep CAT dengan theory of planned behavior (TPB) Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan konfirmatori dengan keseluruhan jumlah responden sebanyak 200 orang yang berasal dari perguruan tinggi baik negeri atau swasta di Surabaya. Hasil penelitian survei ini menunjukkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi niat penggunaan adalah sikap, dan sikap dibentuk oleh beberapa variabel seperti pleasure, arousal, perceived usefullness dan perceived ease of use.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 32/18 Per f
Uncontrolled Keywords: Consumer Acceptance of Technology, Theory Planned Behavior, Situs Survei Online
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ISMAIL EKI PERMANA, 041514353041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGancar Candra P, Dr.,SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2018 19:40
Last Modified: 14 Feb 2018 19:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69794
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item