PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA BOOKLET TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ORANGTUA PADA ANAK PENYAKIT TROPIK

ROBBY SEPTYA WIGUNA, 131511123025 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA BOOKLET TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ORANGTUA PADA ANAK PENYAKIT TROPIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKP.N 32-18 Wig p-Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKP.N 32-18 Wig p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Introduction: Hospitalisasi pada anak dapat menimbulkan kecemasan pada orang tua. Hal ini menunjukkan bahwa diperlukannya tindakan untuk membantu orang tua dalam menyesuaikan diri terhadap hospitalisasi anak, salah satunya dengan pemberian informasi kesehatan melalui media booklet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pendidikan kesehatan melalui media booklet terhadap tingkat kecemasan orang tua pada anak penyakit tropik. Method: Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan one-group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua pada anak penyakit tropic di RS PHC Surabaya. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik pusposive sampling dengan jumlah 20 responden. Variabel independen pada penelitian ini adalah media booklet dan variabel dependen adalah tingkat kecemasan orang tua. Data dikumpilkan menggunakan kuesioner HARS (Hamilton Anxiety Ratting Scale) dan kemudian dianalisa menggunakan Wilcoxon signed rank testdengan tingkat signifikan α = 0,05. Result: Hasil penelitian menunjukkan bahwa media booklet efektif untuk menurunkan tingkat kecemasan orang tua pada anak penyakit tropik (p= 0,001). Discussion: Media booklet dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan orangtua dalam perawatan anak dengan penyakit tropik serta meningkatkan mekanisme koping orangtua untuk menurunkan kecemasan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menganalisa penanganan dampak hospitalisasi dengan menggunakanmedia lainnya dan menguji efektivitas intervensi media booklet terhadap penyakit lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 32/ 18 Wig p
Uncontrolled Keywords: Health education, booklet, parents anxiety, tropical disease
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ROBBY SEPTYA WIGUNA, 131511123025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIlya Krisnana, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
ContributorPraba Diyan Rachmawati, S.Kep. Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 19 Feb 2018 17:53
Last Modified: 19 Feb 2018 17:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69847
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item